JASA WARGA Kelurahan Sempur Tampung Aspirasi Masyarakat

oleh -112 views
Jasa Warga

BOGOR, Kobra Post Online – Kelurahan Sempur Kecamatan Bogor Tengah membuat sebuah inovasi dengan nama JASA WARGA (Jalan Sehat Sapa Warga). Peluncuran program ini untuk menampung aspirasi warga.

“Kita setiap hari berkeliling kampung menemui warga. Ternyata setiap menemui warga, kerap kali mereka menyampaikan keluhan terkait persoalan pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial. Serta persoalan lainnya yang warga butuhkan,” ungkap Lurah Sempur, Dicky Pratama kepada Kobra Post Online, Jum’at (24/09/2021).

Dicky menuturkan, pihaknya langsung meneruskan keluhan-keluhan yang warga sampaikan ke instansi terkait.

“Ketika ada masyarakat yang sakit, terutama warga tidak mampu, pihak Puskesmas akan melakukan pengecekan secara gratis. Untuk pendidikan, belum menemukan adanya anak putus sekolah di Kelurahan Sempur,” bebernya.

Selanjutnya sambung Lurah, jika menemukan ada rumah tidak layak huni akan menjadi catatan serta akan menyampaikannya ke instansi terkait.

“Setiap Jum’at, perangkat kelurahan juga menyisihkan rezekinya untuk membantu warga yang kurang mampu,” ucapnya.

Lurah Sempur

Mengenai pelayanan kependudukan, sambungnya, misal ketika ada warga yang tidak bisa mengurus e-KTP, pihak kelurahan akan membantu.

“Misalnya karena sakit dan tidak bisa berjalan ke kecamatan maka kita yang mengurusnya. Jadi inilah fungsi Jasa Warga,” kata Lelaki yang piawai menabuh drum ini.

“Alhamdulillah Dinas terkait langsung meresponnya. Mereka langsung jemput bola untuk menangani persoalan yang warga hadapi. Apa yang kami lakukan adalah bagian dari percepatan pelayanan prima,” terangnya.

Peluncuran Jasa Warga ini, lanjutnya, pada saat setelah ia dilantik menjadi Lurah Sempur. “Kita meluncurkan program ini agar bisa langsung menyapa dan mendengar keluhan warga. Kita tidak ingin hanya mendengar laporan dari staf atau dari Ketua RT maupun RW. Tapi ingin langsung mendengar dari warga,” ungkapnya.

Baca juga : Perumda PPJ Kota Bogor Sasar Vaksinasi Warga Pasar

Menurutnya, Kelurahan Sempur terdiri dari 7 RW dan 32 RT.  Lalu, pelaksanaan Jasa Warga ini dengan menyusuri tingkat RW serta tingkat RT. “Aspirasi warga Kelurahan Sempur Alhamdulillah sangat positif,” jelasnya.

Dicky berharap, semua keluhan warga bisa terfasilitasi, karena kelurahan telah bekerja sama dengan dinas-dinas terkait untuk mendukung program Jasa Warga.

“Mudah-mudahan warga puas oleh pelayanan Kelurahan Sempur ini,” pungkasnya.

Reporter          : Junaedi

Editor              : Yaso

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *