Gabungan Seniman Jalanan Gelar Penggalangan Dana

oleh -182 views
Gabungan Seniman Jalanan
Gabungan Seniman Jalanan

BOGOR, Kobra Post Online – Gabungan seniman Jalanan berkolaborasi menggelar acara penggalangan dana untuk para pekerja seni jalanan di halaman gedung Bogor Creative Center (BCC), Jl. Ir. H. Juanda No. 04, Bogor Tengah, Sabtu (25/9/2021).

Kegiatan ini diinisiasi oleh Heri Matahari yang konsen membina anak-anak jalanan di Rumah kreatif Keboen Sastra yang telah dilegalisasi sebagai sebuah Yayasan Rumah Kreatif Keboen Sastra terdaftar di Kemenkumham no. AHU – 0013895.AH01.04.Thn 2019.

Bermacam kegiatan positif dan kreatif terprogram di Rumah Kreatif Sastra, seperti latihan musik, puisi, management pertunjukan, bahkan pendidikan Paket A, B dan C bagi anak-anak yang putus sekolah sebagai bekal intelektual mereka.

“Setiap malam Jumat rutin menyelenggarakan pengajian dan Jum’at Berkah berbagi makanan untuk kaum dhuafa dan fakir miskin yang beraktivitas di jalan,” kata Heri kepada Kobra Post Online.

Menurutnya, anak didik binaan Rumah Kreatif Keboen Sastra juga di salurkan untuk mengisi group pada kafe-kafe yang ada di Kota Bogor sebagai Profesional.

Heri menjelaskan, kegiatan penggalangan dana bertujuan untuk membantu para pekerja seni jalanan. Dan sebagian untuk membina Ekonomi kreatif mereka dalam menghadapi kesulitan pasca Pandemi Covid-19.

“Event ini dilaksanakan keliling, agar semangat berkreativitas dan daya hidup para pekerja seni jalanan tetap tumbuh dan berkembang. Walaupun menghadapi masa-masa sulit,” jelasnya.

Dalam acara penggalangan dana ini, lanjutnya, Keboen Sastra bekerjasama dengan Kitabisa.com/berbagai cinta sebagai link donasi.

Seniman itu menambahkan, dari rangkaian acara terkumpul total donasi sebesar Rp 31 juta. Dana itu rencananya akan dibagikan kepada para pekerja seni jalanan.

“Pembagiannya berupa bantuan sembako dan subsidi permodalan usaha bergulir. Pelaksanaannya pada 1 Oktober 2021 di Teras Blok F Pasar Kebun Kembang. Sekaligus menggelar acara puncak bertemakan Jalanan Bersholawat,” imbuhnya.

Baca juga : JASA WARGA Kelurahan Sempur Tampung Aspirasi Masyarakat

Heri juga menuturkan, ada beberapa komunitas pendukung pengisi acara selama kegiatan penggalangan dana berlangsung. Seperti, Keboen Sastra KPJ Bogor, Tilu Warna, Coim Oncom Hideung, Lauk Senggal KPJ Merdeka, Tilu Warna The Tato, Doni and Friend, Eky Ciu, Ade Artistik. Adapun sebagai bintang tamu datang dari Jakarta Deavies Sanggar Matahari dan para pekerja seni lainnya yang begitu antusias mendukung acara terlaksana dengan sukses.

“Rangkaian acara merupakan sinergi dan energi baru bagi pelaku seni jalanan Kota Bogor dan inspirasi untuk seluruh pelaku seni di Kota Bogor. Semangat berkreativitas yang terus di jaga dalam keadaan tersulit sekalipun akan melahirkan ide-ide baru dan kegembiraan. Selain itu juga bisa meningkatkan imunitas tubuh dalam memerangi wabah Covid-19,” pungkasnya.

Reporter              : Eko Prayitno

Editor                    : Yaso

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *