Hadapi Tahun Ajaran 2020-2021 Disdik Rancang Pembelajaran Jarak Jauh

oleh -966 views
Fahrudin Kadisdik Kota Bogor
Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor, H. Fahrudin.

BOGOR, Kobrapostonline.com – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor sedang merancang pendidikan jarak jauh untuk Tahun Ajaran Baru 2020-2021.

Pendidikan jarak jauh diberlakukan mengingat pandemi COVID-19 belum bisa dipastikan kapan akan berakhir hingga situasi normal.

“Kita masih menunggu arahan dari pemerintah terkait kelangsungan belajar, proses belajar dan mengajar di sekolah,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor, Fahrudin baru-baru ini.

Fahrudin menjelaskan, merujuk pengalaman negara-negara lain terkait Pandemi COVID-19, maka Dinas Pendidikan harus mempersiapkan metode belajar jarak jauh tidak hanya sampai kenaikan kelas saja. Tapi juga harus mempersiapkan sampai melebihi tahun ajaran baru.

Pemberlakuan pembelajaran jarak jauh bisa dilaksanakan dengan cara memanfaatkan fasilitas TV lokal dan radio lokal. Sehingga diharapkan pembelajaran terhadap anak didik tetap berjalan.

“Meski tidak datang ke Sekolah anak-anak tetap bisa belajar melalui media elektronik,” ucapnya.

Menurut Kepala Disdik, sejauh ini pembelajaran jarak jauh diutamakan kepada peningkatan kecakapan hidup atau life skill di tengah-tengah keluarga menghadapi pandemi COVID-19.

“Para guru pun memanfaatkan aplikasi video conference seperti zoom maupun google meeting dan WhatsApp group,” ucapnya.

Baca juga : Pemkot Bogor Ajukan Perpanjangan PSBB hingga Setelah Lebaran

Lanjut Fahrudin, teknologi juga sangat luar biasa. Selain keimanan yang harus ditingkatkan, perlu penguasaan teknologi agar tetap bisa belajar sesuai dengan harapan kurikulum.

“Minimal tidak terlalu jauh dengan harapan kurikulum. Tentunya ilmu, iman, termasuk teknologi menjadi salah satu pelajaran untuk kita. Bahwa pendidikan itu jangan lepas dari situ,” pungkasnya.

Reporter          : Rangga A.

Editor              : Yaso

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *