Scroll untuk baca artikel
Info Bogor

DKPP Jabar: Awas PMK dan Penyakit Benjolan pada Kulit Sapi

1285
×

DKPP Jabar: Awas PMK dan Penyakit Benjolan pada Kulit Sapi

Sebarkan artikel ini
dkpp
Silaturahmi Asosiasi Peternakan Sapi Jawa Barat (APSJB).

BOGOR, Kobra Post Online – Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jawa Barat, Arifin Soedjayan mengingatkan kepada para peternak untuk senantiasa menjaga kesehatan hewan peliharaannya.

“Bersihkan kadang hewan secara rutin sehingga akan terhindar dari PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) serta LSD (Lumpy Skin Disease) atau penyakit dengan gejala terdapat benjolan pada kulit hewan ternak sapi,” kata Kepala DKPP, Arifin saat menghadiri acara silaturahmi dan rapat kerja (raker) dengan Asosiasi Peternakan Sapi Jawa Barat (APSJB) di Kampung Tanggulun, Cariu, Kabupaten Bogor, pada Minggu (19/2).

Arifin berharap, peternak patuh terhadap protokol PMK, termasuk vaksin untuk sapi.

“Mulai sekarang suntiklah hewan ternak anda dengan vaksin, dan itu gratis, untuk keberlangsungan ternak,” harapnya.

Baca juga: Waspada Penyakit Mulut dan Kuku pada Sapi

Ketua (ASPJB), Wahyu Widyatmoko menyebutkan, penekanan penanggulangan dan men-zero kan LSD dan PMK menjadi target utama dari asosiasi dalam raker.

“ASPJB begitu perduli atas keberlangsungan ternak dari para anggota. Sosialisasi dan edukasi yang telah dipaparkan melalui forum silaturahmi ini, kiranya kedepan dapat lebih menambah ilmu dan pengetahuan akan pencegahan serta penanggulangan terkait LSD dan PMK untuk keberlangsungan ternak dari setiap anggota,” imbuhnya.

Dalam acara tersebut diisi diskusi yang melibatkan beberapa narasumber diantaranya Kepala Bidang Kesehatan Hewan (Keswan) DKPP Jabar, Supri yang menekankan higienisan kandang, maksimalisasi vaksinasi terhadap hewan ternak.

Baca juga: Gencarkan Edukasi Terkait PMK, Dedie Ingatkan Semua Unsur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *