Manfaatkan Samisade, Desa Sukaharja Genjot Pembangunan Infrastruktur

Manfaatkan Samisade, Desa Sukaharja Genjot Pembangunan Infrastruktur 1
Kades Sukaharja pimpin langsung pembangunan betonisasi jalan. (Foto: Dok. Iful Saefulloh-kobrapostonline.com).

BOGOR, Kobra Post Online – Menjelang akhir tahun 2022, Pemerintah Desa di Kabupaten Bogor kini  disibukan membangun infrastruktur di wilayahnya. Tujuannya untuk memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat desa dan tentunya juga untuk pemerataan pembangunan keseluruh peloksok desa.

Salah satu desa di Kabupaten Bogor yaitu Desa Sukaharja, Kecamatan Ciomas, kini terus menggenjot pembangunan infrastruktur desa. Wilayah Desa yang berbatasan dengan Dramaga dan Kecamatan Tamansari itu, terus bebenah diri yang memanfaatkan Samisade untuk betonisasi jalan, drainase dan tembok penahan tanah (TPT).

“Alhamdulillah anggaran Samisade (Satu Miliar Satu Desa) dari Pemerintah Kabupaten Bogor sudah digelontorkan ke Desa Sukaharja. Untuk tahap pertama dari anggaran satu miliar sudah diterima Rp600 juta atau 60 persen.” kata Kepala Desa Sukaharja, Rahmat, kepada Kobra Post Online, Senin (14/11) kemarin.

Baca juga: Desa Sukaharja Ciomas Genjot Pembangunan Infrastruktur

Pria yang akrab disapa Rahmat Jebeng ini menuturkan, tiga kegiatan itu tersebar di beberapa RW, diantaranya pembangunan drainase dan betonisasi jalan di RW 05, dan pembangunan TPT di RW 06.

“Ditahap pertama ini anggaran samisade 60 persen. Kita gunakan untuk pembangunan betonisasi jalan sebesar Rp264.600.000, kemudian TPT Rp180.576.000 dan drainase Rp154.824.000, sehingga totalnya Rp 600 juta,” jelasnya.