Tidak Ada Jalur Zonasi Untuk PPDB SMK Tahun 2020 Ini

oleh -1.218 views
Plt Kepala SMK Negeri 1 Kota Bogor
Plt (Pelaksana Tugas) Kepala SMK Negeri 1 Kota Bogor, Joko Mustiko. (Foto : Dok. Hamid)

BOGOR, Kobrapostonline.com – Plt (Pelaksana Tugas) Kepala SMK Negeri 1 Kota Bogor, Joko Mustiko mengatakan tidak ada jalur zonasi untuk PPDB jenjang SMK tahun 2020 ini.

“Sesuai dengan regulasi, bagi tingkat SMK hanya ada tiga jalur penerimaan. Diantaranya jalur prestasi, afirmasi dan perpindahan, serta anak tenaga medis yang menangani pasien Covid-19,” kata Joko saat ditemui Kobrapostonline di ruang kerjanya. Kamis (19/06/2020).

Joko menjelaskan, untuk anak tenaga medis Covid-19 harus melampirkan surat keterangan dari rumah sakit (RS) tempat orang tuanya bekerja.

“Ini khusus bagi mereka yang bertugas di RSUD, PMI dan rumah sakit lainnya yang menjadi RS rujukan penanganan pasien virus corona,” jelasnya.

Untuk jalur zonasi yang ditiadakan, lanjutnya, sekarang disesuaikan dengan jurusan atau pilihan dari masing-masing peserta didik.

“Untuk pengumuman dan penetapan PPDB Tahun 2020/2021 menjadi kewenangan sekolah. Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan,” ungkap Joko.

Joko juga menuturkan, PPDB Online (Penerimaan Peserta Didik Baru) SMA/SMK Provinsi Jawa Barat (Jabar) sudah dibuka sejak 8 Juni 2020 lalu. Hal itu mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 44 Tahun 2019 dan Peraturan Gubernur (Pergub) Jabar Nomor 37 Tahun 2020 tentang PPDB Online untuk SMA/SMK.

Baca juga : 20 Siswa SMK Negeri 1 Kota Bogor Terima Beasiswa dari PT PTI

Penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMA/SMK negeri di Jawa Barat pada 2020, tambah Joko, sepenuhnya dilakukan secara online atau daring. 

“Ditengah pandemi Covid-19 saat ini, kita berfokus untuk menghindari kerumunan. Oleh karena itu segala proses PPDB dilakukan secara online atau daring,” imbuhnya.

Reporter          : Hamid

Editor              : Rangga A.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *