Cikidang Menuju Kawasan Ekonomi Khusus

oleh -1.889 views
Herlan Subur Junaedi Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Cikidang Sukabumi
Herlan Subur Junaedi Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Cikidang Sukabumi

SUKABUMI, Kobrapostonline.com – Menanggapi wacana tentang wilayah Kecamatan Cikidang, Sukabumi yang akan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pertama di Jawa Barat, Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Cikidang Kabupaten Sukabumi, Herlan Subur Junaedi saat ditemui diruang kerjanya, Kamis (18/07/2019) mengatakan bahwa pihaknya masih menunggu keputusan dari Pemerintah Pusat.

“Kami masih menunggu payung hukumnya, memang pembahasan sudah ada dari pak presiden sendiri yang menyatakan bahwa Cikidang akan dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) untuk mendukung keberadaan Geopark Ciletuh-Palabuhan Ratu,” katanya.

Lanjut Herlan, adapun persiapan yang dilakukan pemerintah setempat saat ini meliputi penataan dan menggali potensi pariwisata lainnya, seperti wisata arung jeram yang sudah mendunia.

“Salah satu kendala untuk mewujudkan KEK tersebut yakni pembebasan lahan perkebunan yang perlu diatur oleh pemerintah pusat, sekarang ini kami hanya menunggu,”  tuturnya.

Cikidang Menuju Kawasan Ekonomi Khusus
Cikidang Menuju Kawasan Ekonomi Khusus

Baca juga : Indahnya Hutan Bekas Pertambangan PT. Holcim di Cibadak Sukabumi

Dengan adanya usulan tersebut, Herlan berharap dapat bermanfaat bagi masyarakat. Seperti peningkatan kualitas infrastruktur yang tujuannya meningkatkan pertumbuhan ekonomi, peningkatan kesejahteraan masyarakat dan mengurangi angka kemiskinan.

Cikidang Menuju Kawasan Ekonomi Khusus
Kawasan Kecamatan Cikidang Kabupaten Sukabumi

“Seperti yang sedang diupayakan oleh pemerintahan Kabupaten Sukabumi meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat, serta sebagai sarana pendukung Geopark Ciletuh Palabuhan ratu,” jelasnya.

Reporter : Dfs (Rrei) & Yusup S. (Cuba)

Editor : Rangga A.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *