Scroll untuk baca artikel
Teknik Sipil

Wujudkan Pribadi Mandiri, Gudep Situ Gede 3 Gelar Persari dan Persami

963
×

Wujudkan Pribadi Mandiri, Gudep Situ Gede 3 Gelar Persari dan Persami

Sebarkan artikel ini

BOGOR, Kobra Post Online – Pangkalan Sekolah Dasar Negeri (SDN) Situ Gede 3 gugus depan (Gudep) 04.245 – 04.246 menyelenggarakan Perkemahan Sehari (Persari) dan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) di halaman sekolah, Jalan Cilubang Tonggoh, Kelurahan Situ Gede, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Sabtu (5/8).

Majelis Pembimbing Gudep (Mabigus), Syamsudin Yusup didampingi ketua panitia, Umar Faruk menyebutkan, kegiatan Pramuka perkemahan sehari dan Perkemahan Sabtu Minggu merupakan salah satu kegiatan dalam mewujudkan pendidikan karakter mandiri peserta didik. Disamping itu, kegiatan tersebut demi terbentuknya kepribadian yang luhur untuk menjadi kader bangsa yang tangguh dan percaya diri sesuai dengan Tri Satya dan Dasa Darma.

“Kegiatan Persari dilaksanakan pada Sabtu 5 Agustus 2023 bagi Pramuka Siaga dengan jumlah peserta 105 siswa dan 180 peserta Persami bagi pramuka penggalang pada  5 – 6 Agustus  2023. Dimana dalam pelaksana kegiatan tersebut merupakan suatu kegiatan anggota kepramukaan dari gugus depan (Gudep) pangkalan SDN Situ Gede 3 dalam lingkup kwartir ranting Kecamatan Bogor Barat,” kata Syamsudin kepada Kobra Post Online di sekolah.

Baca juga: Segudang Prestasi Pramuka SDN Menteng Kota Bogor

Lebih lanjut dijelaskan, adapun materi kegiatan yang dilaksanakan tentunya kegiatan yang kreatif, rekreatif, bermanfaat, menantang, menggembirakan dan mengandung unsur pendidikan keagamaan. Selain itu, memupuk rasa persaudaraan serta persatuan demi terciptanya Pramuka yang Madani dan mandiri sesuai temannya melalui Persari dan Persami “Kita Wujudkan Pribadi Mandiri, Tangguh dan Berakhlak Mulia”.

“Kegiatan kepramukaan ini mengacu pada dasar AD dan ART gerakan Pramuka, keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 238 Tahun 1961 tentang gerakan Pramuka dan rencana kerja hasil musyawarah gugus depan (Mugus) gerakan Pramuka SDN Situ Gede 3 tahun 2023,” tuturnya.

Baca juga: Apa sih Pramuka Garuda itu? Wajib Tahu!

Terkait pelaksanaan menurut Syamsudin, kegiatan ini bukan hal yang mudah dalam mempersiapkan dengan waktu yang singkat. Kondisi tersebut mengharuskan adanya koordinasi secara intens diantara pihak yang terlibat.

“Apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penyelenggaraan kegiatan ini, termasuk kakak-kakak pendamping dari pangkalan SMAN Dramaga 1 mulai sumbangsih fikiran, tenaga maupun biaya,” katanya.

“Kepada seluruh peserta Persari dan Persami, kami mohon maaf belum bisa menyajikan kegiatan yang sempurna. Namun, perlu diketahui bahwa kami dan panitia telah berupaya semaksimal mungkin dengan mengusung filosofi  dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *