Scroll untuk baca artikel
Pendidikan

Apa sih Pramuka Garuda itu? Wajib Tahu!

2187
×

Apa sih Pramuka Garuda itu? Wajib Tahu!

Sebarkan artikel ini

Ini Penjelasan Ketua Kwarran Kecamatan Rancabungur

pramuka garuda
Ketua Kwarran Rancabungur, Eddy Wahyudi, saat menyematkan mendali Pramuka Siaga Garuda ke siswa SDN Rancabungur 3.

BOGOR, Kobra Post Online – Mungkin sebagian orang belum mengetahui apa itu Pramuka Garuda, berikut penjelasan dari Ketua Kwartir Ranting (Kwarran) Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor, Eddy Wahyudi.

Pramuka Garuda, kata Eddy, merupakan tingkatan tertinggi pada golongannya. Artinya, pada pramuka ini memiliki beberapa golongan yakni siaga, penggalang, penegak dan pandega.

“Pramuka tertinggi di golongannya adalah Pramuka Garuda. Misalnya Pramuka siaga, siaga itu terdapat tiga jenis yaitu Siaga Mula, Siaga Bantu dan Siaga Tata. Ketika anak Pramuka mencapai tingkatan Siaga Tata telah menyelesaikan Syarat Kecakapan Umum (SKU) dengan ujian sudah terpenuhi dan mendapatkan sedikitnya enam kecakapan khusus dari tiga kategori. Maka, dia layak diajukan menjadi Pramuka Garuda,” kata Eddy kepada Kobra Post Online di ruang kepala SDN Rancabungur 4, Jumat (20/1).

Baca juga: 8 Siswa SDN Rancabungur 3 Terima Medali Pramuka Siaga Garuda

Lanjut Eddy, Pramuka tingkat ini harus menjadi teladan saat dimanapun berada, terutama di lingkungan sekolah wajib mempunyai perilaku yang baik. Pangkalan atau sekolah bisa mengajukan siswanya untuk mendapatkan Pramuka Garuda.

“Mencapai Pramuka tingkat tertinggi itu tidak mudah. Selain syarat-syarat tadi, mereka juga harus mengikuti ujian yang diadakan oleh Kwarran, lalu nanti akan direkomendasikan ke Kwartir Cabang (Kwarcab). Maka dari sekian ribu orang hanya beberapa yang bisa mencapai Pramuka Garuda,” ungkap Eddy yang juga Kepala SDN Rancabungur 4.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *