Samisade Cintamanik Percepat Pergerakan Ekonomi Warga

oleh -336 views

BOGOR, Kobra Post Online – Untuk mengatasi problem infrastruktur desa, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor meluncurkan program Satu Miliar Satu Desa (Samisade).

DPRD Kabupaten Bogor telah menyepakati untuk anggaran Samisade tahun 2021 total keseluruhan mencapai nilai sebesar Rp318,4 miliar.

Adapun tujuan utama dari program ini adalah untuk mengakselerasi roda perekonomian Kabupaten Bogor. Perbaikan infrastruktur membuat desa sebagai pemilik kekayaan di Kabupaten Bogor bisa mengolahnya dengan baik. Pemerintah Kabupaten Bogor menjadikan desa sebagai pengungkit kebangkitan Kabupaten Bogor.

Kini Pemkab Bogor telah menggelontorkan dana Samisade itu ke desa-desa. Salah satunya adalah Desa Cintamanik Kecamatan Cigudeg yang telah merealisasikan Samisade. Dana satu miliar itu dialokasikan untuk membangun jalan sepanjang 1.250 meter yang menghubungkan Kampung Cipangaur ke Kampung Amarota.

“Alhamdulilah, dengan program Samisade, warga kami telah merasakan manfaatnya. Ini merupakan kado istimewa untuk warga menjelang Hari Kemerdekaan RI ke 76. Jalan desa kini menjadi bagus. Pergerakan ekonomi warga akan semakin cepat,” ungkap Kepala Desa (Kades) Citmanik, M. Sanip kepada Kobra Post Online. Senin (16/08).

Desa Cintamanik

Sanip menyebutkan, dengan jalan yang bagus, warga Kampung Cipangaur dan Kampung Amarota merasa lega. Karena hasil pertanian dan perkebunan bisa dengan cepat terjual ke pasar.

Selain itu, kata Kades, warga yang sakit dan hamil ketika akan berobat ke rumah sakit dan puskesmas bisa cepat tertangani.

“Saya merasa miris, sebelum jalan di bangun warga kesulitan untuk berobat ke rumah sakit,” ujar Sanip.

Baca juga : Pemkab Bogor Siapkan Program Samisade

Sementara itu, Haji Badrudin salah satu tokoh masyarakat merasa sangat bersyukur dengan adanya program Samisade dari Pemerintah Kabupaten Bogor.

“Alhahmdulillah, Pak Kades Sanip telah merealisasikan amanah dari Ibu Bupati Ade Yasin yang telah meluncurkan program Samisade. Semoga jalan ini akan bermanfaat bagi warga Kampung Cipangaur yang menghubungkan Kampung Amarota. Akses jalan ini sangat dinantikan oleh masyarakat, terutama warga yang akan berobat ke Puskesmas Cigudeg dan Lebak Wangi. Mereka harus melintasi 5 desa, Cigudeg, Bunar, Mekarjaya dan Argapura,” pungkasnya.

Reporter          : D. Alek

Editor              : Yaso

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *