Peningkatan Jalan Desa Sadeng Kolot Diduga Tidak Transparan

oleh -1.785 views
Peningkatan Jalan Desa
Pelaksanaan Peningkatan Jalan Desa Sadeng Kolot. (Foto : Doc. Andres)

BOGOR, Kobrapostonline.com – Peningkatan jalan Desa Sadeng Kolot Kecamatan Leuwisadeng Kabupaten Bogor diduga tidak transparan.

Pasalnya pembangunan jalan desa di Kampung Sukarakyat RT 04 RW 05 itu, tidak memiliki papan nama proyek.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua RW 05 Desa Sadeng Kolot, Soleh saat dikonfirmasi oleh awak media di lokasi kegiatan, Kamis (07/05/2020).

Menurutnya, banyak warga yang memprotes terhadap peningkatan jalan hotmix itu. Karena terkesan ditutup-tutupi dan diduga asal jadi.

“Warga protes, kenapa tidak ada papan proyeknya. Dan menurut saya pekerjaan ini tidak memenuhi standar yang layak untuk sebuah jalan hotmix,” ungkapnya.

Soleh memberi contoh, untuk meratakan permukaan jalan hanya menggunakan baby roller yang kapasitas bebannya kurang dari 3 ton.

“Kalau untuk jalan lingkungan bisa menggunakan baby roller, tapi inikan jalan desa. Bahkan tidak ada mandor yang mengawasi kegiatan itu. Sehingga masyarakat bertanya ada apa dengan proyek ini,” ujarnya.

Ketua RW itu juga menjelaskan, informasi yang didapat, pembanguan jalan desa ini menggunakan dana desa (DD) tahap pertama tahun 2020. Namun dirinya tidak mengetahui berapa anggarannya.

“Infonya sih dari DD tahap I. Tapi saya tidak tahu berapa volume dan anggarannya. Untuk pekerjanya sendiri hanya ada dua orang warga setempat yang dilibatkan. Sisanya saya tidak kenal,” ucap Soleh.

Baca juga : PT BJM Sumbangkan APD Untuk Puskesmas Lebakwangi Cigudeg

Di tempat yang sama, anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Sadeng Kolot, Buhori sangat menyayangkan kinerja kepala desa (Kades) baru ini. Pasalnya Kades tidak mengajak LPM dan BPD untuk musyawarah terkait anggaran Dana Desa tahap pertama tahun 2020 ini.

“Saya tidak tahu berapa besar anggaran DD tahap pertama ini. Saya juga tidak tahu apa saja kegiatan yang dilaksanakan,” paparnya.

Sementara itu, Kades Sadeng Kolot, Mamat Rahmat, belum berhasil ditemui oleh Kobrapostonline hingga berita ini ditayangkan.

Reporter          : Andres

Editor              : Rangga A.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *