Pemdes Cintamanik Wujudkan Mimpi Warga Kampung Tarikot

Pemdes Cintamanik Wujudkan Mimpi Warga Kampung Tarikot 1
Desa Cintamanik bangun betonisasi jalan yang selama ini ditunggu-tunggu oleh masyarakat. (Foto: Dok. D. Alek-kobrapostonline.com).

BOGOR, Kobra Post Online – Setelah sekian lama warga Kampung Tarikolot Desa Cintamanik, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, bermimpi menikmati jalan yang bagus akhirnya mimpinya itu terwujud.

Mendapat kucuran satu miliar dari program Satu Miliar Satu Desa (Samisade), Pemerintah Desa (Pemdes) Cintamanik akhirnya mewujudkan mimpi warganya dengan membangun jalan di Kampung Tarikot.

Baca juga: Musrenbangdes Cintamanik Usulkan Bantuan 150 Ekor Kambing Untuk Kelompok Tani

“Kalau mengingat dulu akses jalan ini sangat memprihatinkan, jangankan dilewati oleh kendaraan, untuk penjalan kaki pun sangat sulit. Lebih menyedihkan lagi ketika ada warga yang akan melahirkan sampai di gotong-gotong, bahkan sampai ada yang tidak tertolong nyawanya,” tutur Kepala Desa Cintamanik, M. Sanip, kepada Kobra Post Online, Selasa (12/11) kemarin.

“Alhamdulillah ada program Samisade, tidak hanya sekedar membuka jalan tapi jalan tersebut kita betonisasi.  Setelah tuntas nanti betonisasi bisa dinikmati oleh warga Kampung Tarikolot yang berada di 13 RT,” kata Kades.

Lanjut Sanip menjelaskan, jalan yang dibangun sepanjang 1400 meter atau 1,4 km, lebar 3 meter dengan ketebalan beton 15 cm.

“Tahap pertama anggaran yang diterima baru 60 persen dari satu miliar, sisanya 40 persen lagi pencairan tahap ke dua,” terangnya.

Baca juga: Samisade Cintamanik Percepat Pergerakan Ekonomi Warga

Sementara itu, Sekretaris Kecamatan Cigudeg, Suparman menambahkan, adanya program Samisade sangat membantu warga. “Kalau sebelumnya jalan ini tidak bisa dilewati kendaraan, kini sudah bisa diliwati sehingga akan memudahkan mobilisasi masyarakat setempat,” pungkasnya.