Menengok Aktivitas Bank Sampah Kenanga Babakan Bogor Tengah

oleh -1.208 views
Bank Sampah Kenanga
Direktur Bank Sampah Kenanga, Abu Bakar (bertopi) saat menerima tabungan sampah dari nasabah. (Foto : Dok. Yaso)

BOGOR, Kobrapostonline.com – Berbeda dengan bank – bank sampah lainya yang menempati bangunan khusus, baik semi permanen maupun permanen.

Namun, Bank sampah Kenanga Kelurahan Babakan Kecamatan Bogor Tengah hanya memanfaatkan bangunan Pos Terpadu yang berfungsi sebagai pos kamling, posdaya dan KWT (Kempok Wanita Tani).

Bank Sampah yang berlokasi di RW 01 Kelurahan Babakan ini ruangannya cukup sederhana, hanya ada satu meja direktur. Di sekelilingnya terdapat tumpukan karung berisi sampah yang telah dipilah yaitu sampah plastik, kertas, kardus dan kemasan botol minuman bekas pakai.

Saat Kobrapostonline menyambangi Bank Sampah tersebut, terlihat seorang nasabah membawa satu karung kardus dan kemasan minuman untuk disetorkan ke sang direktur Bank Sampah. Sementara nasabah lainnya menunggu ingin mengambil uang tabungannya.

Direktur Bank Sampah Kenanga, Abu Bakar mengatakan, pengelolaan sampah melalui Bank Sampah di Kelurahan Babakan Kecamatan Bogor Tengah pertama kali pada tahun 2015 dengan nama Tunas Harapan. Selanjutnya berganti nama menjadi Bank Sampah Kenanga pada tahun 2018.

“Sesuai dengan nama posyandu RW 01 Kelurahan Babakan yaitu Posyandu Kenanga. Awalnya Bank Sampah Tunas Harapan kegiatannya kurang maksimal,” katanya.

Abu menuturkan, saat awal berdiri Bank sampah ini, nasabahnya hanya untuk para kader dan ketua RT dan RW. Seiring perjalanannya waktu, Bank Sampah berkembang dengan nasabah mencapai 35 orang. Dengan jumlah sampah yang ditabung setiap bulan mencapai antara 500 – 1,2 ton.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *