Scroll untuk baca artikel
Sorot Desa

Listrik Masuk Desa, “Habis Gelap Terbitlah Terang”

937
×

Listrik Masuk Desa, “Habis Gelap Terbitlah Terang”

Sebarkan artikel ini

Puluhan Tahun Warga Nikmati Kegelapan

Program bantuan listrik masuk desa di desa wargajaya

BOGOR, Kobra Post Online – Setelah menunggu puluhan tahun, masyarakat Desa Wargajaya Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor baru menikmati penerangan listrik.

Ironis memang, dengan keterbatasan ekonomi warga di sini tidak mampu membayar biaya pemasangan listrik, sehingga aliran listrik pun tidak bisa tersambung ke rumahnya.

Warga Desa Wargajaya hanya mengandalkan penerangan seadanya, seperti cempor, petromaks, dan lampu buatan sendiri yaitu botol yang diisi minyak tanah dengan sumbu terbuat dari sobekan kain.

Kini masyarakat bisa bernafas lega, karena pemerintah sudah memberikan bantuan penyambungan aliran listrik ke rumah-rumah warga yang belum tersambung aliran listrik.

“Ada 33 Kepala Keluarga (KK) dari 6 dusun di Desa Wargajaya yang menerima bantuan listrik masuk desa,” kata Kepala Desa Wargajaya, Eman Suryatman di Kantornya kepada Kobra Post Online Rabu (10/5).

Eman menjelaskan, rumah warga yang menerima bantuan penerangan listrik merupakan keluarga yang kurang mampu.

“Pemerintah membantu biaya pemasangannya 900 watt. Untuk rekening pembayaran setiap bulan ditanggung sendiri. Itu pulsa listrik jadi tergantung pemakaian,” kata Eman yang akrab disapa Pak Kades Bancet.

Lanjut Eman, bantuan ini patut disyukuri bahwa sudah puluhan tahun menikmati kegelapan dan kini warga sudah bisa menikmati penerangan.

“Jadi habis gelap terbitlah terang,” ujar Eman. 

program listrik masuk desa
Sementara itu, Camat Cigudeg Pardi menyatakan bersyukur bantuan listrik masuk desa sudah terealisasi di Desa Wargajaya.

“Ini pertama kali mendapatkan bantuan listrik masuk desa. Masih ada 13 desa lagi di Cigudeg yang belum mendapatkan program listrik masuk desa. Karena usulan kita semua desa di Cigudeg bisa mendapatkan bantuan program listrik ini,” ungkapnya saat menyampaikan  sosialisasi listrik masuk desa di Desa Wargajaya sebelum pemasangan instalasi listrik di 33 rumah warga di Desa Wargajaya.

Kepala Cabang PLN Jasinga, Israwan mengatakan, bantuan listrik masuk desa Wargajaya ini merupakan bantuan dari pemerintah pusat melalui Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Jadi kita hanya merealisasikan program dari pemerintah yaitu program listrik masuk desa,” terangnya.

Baca juga: Desa Wargajaya Cigudeg Lanjutkan Bangun Jalan Tembus

Pemprov Jabar, sambung Israwan, memberikan subsidi atau bantuan kepada masyarakat yang rumahnya belum terpasang listrik.

“Tujuannya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan penerangan listrik kesejahteraan masyarakat di desa akan meningkat,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *