Scroll untuk baca artikel
Info Bogor

KH. Sholeh Iskandar Diusulkan Sebagai Pahlawan Nasional

1586
×

KH. Sholeh Iskandar Diusulkan Sebagai Pahlawan Nasional

Sebarkan artikel ini
kh. sholeh
Almarhum KH.Sholeh Iskandar (kiri), H.Arief R.Badrudin sekretaris Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) (kanan).

BOGOR, Kobra Post Online – Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Kota Bogor mengusulkan KH. Sholeh Iskandar sebagai Pahlawan Nasional. Usulan KH. Sholeh Iskandar sebagai Pahlawan Nasional sudah mendapat rekomendasi dari Wali Kota Bogor untuk diteruskan ke TP2GD Provinsi Jawa Barat.

Sekretaris TP2GD Kota Bogor H. Arief R. Badrudin mengatakan, sejak tahun 2015 ada lima tokoh Bogor yang diusulkan  yaitu KH. Sholeh Iskandar, Letjend Ibrahim Adji, Ipik Gandamanah, Dr. Marzoeki Mahdi, dan MA Samun.

Namun kata Arief, dari 5 tokoh itu, akhirnya tersaring satu nama yaitu Almarhum KH. Sholeh Iskandsar. “KH. Sholeh Iskandar sangat layak mendapatkan gelar pahlawan nasional atas jasa-jasa yang begitu banyak, juga karya-karya kemanusiaannya yang kita nikmati saat ini di wilayah Bogor,” kata Arief kepada Kobra Post Online melalui whatsapp, Minggu (5/2) kemarin. 

Alamarhum KH. Sholeh Iskandar, sambung Arief, adalah pendiri  Kampus UIKA Bogor, Pondok Pesantren Pertanian Darul Falah, BKSPPI, Rumah Sakit Islam Bogor, BPRS Amanah Ummah, Pondok Pesantren Putri Tarbiyatun Nisa di Rancabungur, Kabupaten Bogor, dan Perumahan Rakyat dibasis perjuangannya. “Sholeh Iskandar yang kini diabadikan namanya menjadi Jalan Sholeh Iskandar telah memenuhi syarat menjadi Pahlawan Nasional,” ujar Arief yang juga menjabat Lurah Menteng Bogor Barat itu.

Baca juga: Kapten Muslihat Menjelma di Pertigaan Jembatan Merah Bogor Tengah

Lanjut Arief menjelaskan, semua persyaratan kepahlawanan menurut Undang Undang  tentang Pemberian Gelar Kepahlawanan telah terpenuhi. Pada tahun tahun 2016 di Kampus Universitas Ibnu Khaldun (UIKA) telah diselenggarakan sebuah Seminar Nasional, yang dihadiri 300 orang peserta. Seminar membahas jejak perjuangan dan kepahlawanan KH. Sholeh Iskandar, dengan membedah buku jejak perjuangan ulama-patriot KH. Sholeh Iskandar karya Lukman Hakim, yang diterbitkan oleh UIKA Press Bogor tahun 2016.

Arief menerangkan, begitu kaya akan jasa-jasa dan karya almarhum KH. Sholeh Iskandar baik di bidang militer, pejuang yang  gigih bertempur di medan perang melawan penjajah Belanda/KNIL, mempertahankan kemerdekaan RI dengan basis pertempuran dan pertahanan daerah Bogor Barat (Leuwiliang dan sekitarnya) hingga ke daerah Banten.

Baca juga: Heboh, Hari Pahlawan di Blok F Pasar Kebon Kembang Bogor

Dibidang Pertahanan dan Keamanan (Hankam), lanjut Arief, andil Sholeh Iskandar turut mendirikan Legiun Veteran RI. Kemudian di bidang Sospol sebagai penggerak Masyumi.  Juga di bidang Sosbud/ pendidikan, kesehatan dan sosial ekonomi pemberdayaan ekonomi ummat dan pondok pesantren pertanian sebagai kader kepemimpinan umat tersebar di seluruh pelosok desa di Indonesia dari Sabang sampai ke Merauke.

“Hingga kini karya-karya monumental kemanusiaan almarhum Kiyai Sholeh tetap eksis dan telah memberikan manfaat untuk kesejahteraan rakyat, dan generasi penerus,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *