Scroll untuk baca artikel
Info Bogor

Jelang Kampanye, Kecamatan Rancabungur Gelar Apel Kesiapsiagaan Pemilu 2024

367
×

Jelang Kampanye, Kecamatan Rancabungur Gelar Apel Kesiapsiagaan Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Apel kesiapsiagaan Pemilu serentak 2024 tingkat Kecamatan Rancabungur Kabupaten Bogor. (Foto: Dok. Junaedi).

BOGOR, Kobra Post Online – Kecamatan Rancabungur Kabupaten Bogor menggelar apel kesiapsiagaan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 di jalan kantor kecamatan, pada Senin (27/11) siang.

Camat Rancabungur, Dita Aprilia mengatakan, pihaknya mengumpulkan stakeholder terkait dengan penyelenggara Pemilu. Diantaranya PPK, Panwaslu Kecamatan (Panwascam), Panitia Pemungutan Suara (PPS), pengawas desa, kepala desa, BPD dan unsur Linmas yang juga dilibatkan. Apel ini digelar bertujuan akan memasuki masa kampanye mulai esok hari 28 November selama 75 hari hingga 10 Februari 2024.

“Masa kampanye lumayan lama yakni 75 hari kedepan. Jadi, saya mengingatkan kepada rekan-rekan semua menghimbau pasang mata pasang telinga, agar mereka berkoordinasi dengan baik menjaga kondusifitas wilayah,” kata Dita kepada Kobra Post Online di kantornya.

Lanjut Dita, dari 18 Partai Politik (Parpol) nasional dan enam Parpol lokal Aceh, di Kecamatan Rancabungur ada 11 partai yang aktif dan sudah intens berkomunikasi. Dari mulai awal tahapan Pemilu pihaknya sudah sering melakukan rapat koordinasi dengan 11 Parpol tersebut.

“Kami undang juga dalam acara-acara agar lebih familiar. Tentunya beliau-beliau ini sebagai peserta Pemilu tentu harus mengikuti aturan yang berlaku,” ucapnya.

Camat Rancabungur, Dita Aprilia saat memberikan arahan.
Baca juga: ASN Rancabungur dan Perangkat Desa Siap Jaga Netralitas di Pemilu 2024

Camat menjelaskan, dari segi pengawasan sudah cukup lengkap. Diantaranya ada Panwascam, pengawas desa dan personel yang dilibatkan yakni Linmas serta Satpol PP yang ada di wilayah masing-masing.

“Sudah kami bagi per zona dan wilayah. Kami juga dibantu oleh rekan-rekan dari Kepolisian Sektor (Polsek) Rancabungur dengan Bhabinkamtibmas serta Koramil dari Babinsa. Insyaallah semuanya kami sinergi untuk menjaga keamanan di Kecamatan Rancabungur,” jelasnya.

Dita berharap selama 75 hari kedepan di masa kampanye ini, Kecamatan Rancabungur menjadi kecamatan yang kondusif.

“Kami persilahkan kepada partai politik peserta Pemilu untuk melaksanakan kampanye, sesuai dengan aturan. Tetapi kami mohon agar berkoordinasi terlebih dahulu, karena dikami juga ada PPK dan Panwascam,” harapnya.

Rapat kerja teknis masa kampanye pada Pemilu serentak 2024.
Baca juga: TNI dan Polri di Bogor Gelar Apel Gabungan Pengamanan Pemilu

Sementara itu di tempat yang sama, Ketua Panwaslu Kecamatan Rancabungur, M. Surahmat mengatakan, tahapan Pemilu di Kecamatan Rancabungur saat ini akan memasuki masa kampanye secara tertutup.

“Artinya kontestan itu akan melakukan kampanye dengan cara tertutup, pertemuan terbatas, penyebaran peraga kampanye. Misalkan seperti gelas, slayer atau kerudung itu besok sudah bisa dimulai,” kata Surahmat.

Lebih lanjut Surahmat menjelaskan, ada beberapa Calon Legislatif (Caleg) di Kecamatan Rancabungur ini, seperti Caleg Dapil VI Kabupaten Bogor, Dapil VI Provinsi Jawa Barat maupun Dapil V RI. Sedang Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Rancabungur berjumlah 204 TPS dari tujuh desa.

“Biasanya mereka (Caleg) akan mengunjungi terutama yang sudah mempunyai basis massa partai. Saya memiliki surat himbauan yang nanti akan disampaikan ke mereka bahwa tempatkan alat peraga kampanye sesuai dengan tempatnya serta peruntukannya,” jelasnya.

Baca juga: Forkompinda Kota Bogor, KPU, Bawaslu dan Dinas Terkait Rumuskan Persiapan Pemilu 2024

Surahmat menegangkan, jika ada alat peraga kampanye di tempat area terlarang seperti masjid, bangunan-bangunan pemerintah dan sekolahan. Maka dirinya akan berkoordinasi dengan pihak terkait agar dipindahkan.

“Kita berikan waktu satu hari, kalau tidak dipindahkan oleh mereka maka kita ambil penindakan,” tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *