Jawara Pilkawe Sang Direktur Gelar Kirab dan Ngaliwet

oleh -1.238 views
Jawara Pilkawe
Abu Bakar bersama pendukungnya saat akan melakukan kirab. (Foto : Dok. Kobrapost)

BOGOR, Kobrapostonline.com – Masyarakat RW 01 Kelurahan Babakan Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor, Minggu (05/07/2020) menggelar Pilkawe (Pemilihan Ketua Erwe/RW) 01.

Pilkawe dibuka resmi oleh Lurah Babakan Heri Eriyadi sekaligus menyalurkan hak pilihnya di TPS (Tempat Pemungutan Suara) yang dipusatkan di lokasi kos mahasiswa Bagunde (Babakan Gunung Gede).

Meski dia bukan warga RW 01 Kelurahan Babakan, namun Lurah Babakan ini mendapat kehormatan mencoblos calon Ketua RW 01 sebagai tanda dibukanya Pilkawe 01.

Ada yang unik dalam pesta demokrasi Pilkawe 01 kali ini. Pasalnya pihak panitia sebelum acara digelar memampang tiga kandidat mirip poster film. Hal ini untuk menarik perhatian masyarakat (hak pilih) datang ke TPS (Tempat Pemungutan Suara). Panitia menyebutnya Pilkawe Super Hero.

Pemungutan suara
Menandai dibukanya Pilkawe 01, Lurah Babakan menyalurkan hak pilihnya.

Dalam pemungutan suara tersebut, Abu Bakar akhirnya terpilih menjadi Ketua RW 01 menggantikan Achmad Sofyan yang telah habis masa jabatannya.

Diprediksi Abu Bakar memang merupakan calon kuat, karena namanya sudah cukup populer di tengah masyarakat. Selain mantan Ketua RT, ia juga menjabat sebagai Direktur Bank Sampah Kenanga RW 01 Babakan yang telah menyandang juara ketiga Bank Sampah se Kota Bogor. Sang Direktur Bank Sampah itu kini akan memimpin wilayah RW 01 Kelurahan Babakan hingga tahun 2025 mendatang.

Seusai dirinya ditetapkan sebagai Ketua RW terpilih, Abu Bakar mengucapkan terima kasih kepada warga yang telah memilihnya.

“Tidak ada yang menang dan tidak ada yang kalah. Mari kita bergandeng tangan, bergotong royong  menjadikan wilayah RW 01 lebih baik lagi kedepannya,” ajak Abu.

Dengan tagline “Berakar”, dirinya mengusung visi membangun RW 01 dengan gotong royong dan kekeluargaan demi terciptanya warga yang sejahtera. Baik dalam ssegi pendidikan, kesehatan maupun ekonomi.

Sedangkan misi yang ditawarkam ada empat. Pertama, akan mengupayakan KIP (Kartu Indonesia Pintar), KIS (Kartu Indonesia Sejahtera), Pra Kerja, dan Rastra atau BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai). Kedua, menjaga lingkungan yang bersih. Ketiga, mengoptimalkan UMKM serta Bank Sampah, dan keempat mengoptimalkan Siskamling.

Kandidat nomor 1 tersebut menjadi Jawara Pilkawe setelah meraih suara terbanyak yaitu 130 suara. Kandidat nomor 2, Rudi Chandra meraih suara 40 dan kandidat nomor 3, Sumiyati meraih suara 41. Sedangkan suara tidak sah hanya ada satu.

Baca juga : Unik, Pilkawe di Babakan Tampilkan Mirip Poster Film

Sementara itu, seusai ditetapkan sebagai Ketua RW 01 terpilih, Abu Bakar melakukan kirab dengan mengendarai Motor Sampah (Mosam) yang ditumpangi warga dan dikawal oleh belasan sepeda motor. Kirab atau arak-arakan dilakukan di sepanjang jalan Malabar Ujung Babakan, Bogor Tengah.

Tidak hanya sampai disitu, Direktur Bank Sampah itu juga mengadakan syukuran, makan nasi liwet bareng bersama puluhan warga. Dimana nasi liwet yang beralaskan daun pisang di gelar  diatas jalan wilayah RW 01, panjangnya mencapai sekitar 20 meter.

Reporter          : Iful Saepulloh

Editor              : Yaso

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *