Gedung Kesenian Kamuning Gading Terbengkalai

Festival Jaipong di KRB

gedung kesenian
Gedung Kesenian Kota Bogor, Kamuning Gading.

BOGOR, Kobra Post OnlineGedung Kesenian Kamuning Gading Terbengkalai. Ternyata fungsi Kebun Raya Bogor (KRB) kini sudah bertambah lagi. Tak hanya untuk konser musik, juga untuk ajang festival tari jaipongan pada Minggu 24 Juli lalu.

Hal ini tampaknya mendapat restu dan respon dari Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor, Atep Budiman. Bahwa KRB kemudian menambah kiprahnya dengan penyelenggaraan acara-acara kesenian, tentu akan menambah beban bagi upaya pelestarian lingkungan dan kawasannya. Yang menjadi pertanyaan, apakah memang untuk mengembangkan seni dan budaya itu harus di KRB?

Apakah Disparbud tak punya rencana ke depan yang lebih jauh dan lebih baik untuk membangun Gedung Kesenian atau Balai Budaya yang representatif, yang dibanggakan serta mampu menyatukan visi dan misi para seniman juga budayawannya?

Festival Pasanggiri
Festival Pasanggiri di Kebun Raya Bogor.

Kita memang perlu menengok ke masa silam, kepada sejarah Kebun Raya ketika Treub berupaya dan berhasil menciptakan sebuah kebun raya yang menjadi pusat penelitian tanaman tropis termasyhur di dunia. Tapi fakta sejarah Kebun Raya itu tak perlu kemudian dijadikan alasan untuk dalih memajukan kebudayaan, yang dengan serta merta menyediakan sarana ruang dan lingkungan kawasannya untuk giat budaya.

Aneh sekali jika Kota Bogor, di usia yang ke 540 tahun itu masih belum memiliki sebuah Gedung Kebudayaan yang patut dibanggakan. Juga sebagai pemicu semangat sekaligus membangun harga diri sebuah kota pusaka yang memiliki sejarah panjang katanya. Mimpi keinginan untuk mewujudkan sebuah Gedung Kesenian seyogianya muncul dari Disparbud Kota Bogor.

IDM Crack

Crack IDM

IDM Crack 6.41

olux

سرور مجازی

سرور اختصاصی

دانلود کرک نرم افزار

اخبار تکنولوژی

اخبار تکنولوژی , It