Cegah Penularan Corona, Pakai Baju Penutup Aurat di KRL

oleh -604 views
Penumpang KRL
Penumpang KRL di wajibkan menggunakan pakaian lengan panjang.

BOGOR, Kobrapostonline.com – Ada hal menarik yang harus dipatuhi oleh para penumpang KRL (Kereta Rel Listrik) selama pandemi COVID-19.

Selain diwajibkan mengenakan masker, jaga jarak, cuci tangan juga harus mengenakan pakaian lengan panjang. Bisa disebut juga  pakaian penutup aurat.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Zulfikri mengungkapkan, ada Protokol Kesehatan tambahan transisi kenormalan baru di atas gerbong KRL.

Zulfikri mengatakan, untuk menurunkan resiko penularan COVID-19 bagi para penumpang moda transportasi umum Kereta Rel Listrik (KRL) diimbau untuk mengenakan pakaian lengan panjang. Peraturan tersebut, sesuai masukan dari para pakar kesehatan.

“Pakaian lengan panjang yang dimaksud seperti jaket atau sejenisnya untuk menurunkan risiko penularan Covid-19 di dalam gerbong kereta,” katanya, Senin (15/6/2020).

Sejak Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi, sejak 5 Juni lalu. Operasional KRL Jabodetabek mengikuti aturan yang dibuat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), termasuk pembatasan kapasitas kereta dan penerapan protokol kesehatan.

Pada Fase 2 PSBB Transisi DKI Jakarta, kapasitas KRL akan ditingkatkan menjadi 45 persen sampai 30 Juni mendatang.

Baca juga : Warga Sambut Gembira Bus Gratis Bogor – Jakarta

Selama di kereta, selain mengenakan masker, jarak penumpang diatur agar tidak berdempetan dan dilarang berbicara langsung, termasuk melakukan panggilan telepon.

“Di dalam KRL ada protokol tambahan. Tidak boleh berbicara di dalam kereta, karena penularan yang begitu cepat akibat droplet,” pungkasnya.

Reporter          : Yaso

Editor              : Rangga A.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *