Scroll untuk baca artikel
Info Bogor

Bawaslu Lantik 18 Anggota Panwaslu Kecamatan se-Kota Bogor

32
×

Bawaslu Lantik 18 Anggota Panwaslu Kecamatan se-Kota Bogor

Sebarkan artikel ini
Panwaslu Kecamatan se-Kota Bogor.

BOGOR, Kobra Post Online – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bogor melantik dan mengambil sumpah janji Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan se-Kota Bogor pada pemilihan 2024 di Hotel Pajajaran, Jalan Pajajaran, Kota Bogor, Sabtu (25/5) lalu.

Pelantikan 18 anggota Panwaslu ini turut disaksikan Pejabat (Pj) Wali Kota Bogor, Hery Antasari.

“Saya ucapkan selamat kepada Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) se-Kota Bogor yang baru saja dilantik dan disumpah. Semoga dapat menjalankan amanah yang diberikan ini dengan baik dan rasa tanggung jawab,” ujar Hery Antasari.

Hery mengatakan, momentum ini merupakan bagian dari upaya Kota Bogor untuk ikut mendukung suksesnya pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 2024 di Kota Bogor. Dengan harapan Pilkada dapat terlaksana dengan baik tanpa pelanggaran agar tercipta Pilkada yang aman, damai dan sejuk.

“Salah satu pilar penting dalam penyelenggaraan pemilu yang demokratis yaitu aspek pengawasan yang menjadi tugas teman-teman selaku personel panwascam,” kata dia.

Baca juga: Purna Studi Angkatan ke 5 SMK Golden, Siswa Berprestasi Dapat Penghargaan

Ia menerangkan, sinergi antara Panwascam dengan PPK sebagai penyelenggara pemilu di level kecamatan menjadi harapan terselenggaranya pesta demokrasi yang berkualitas. Pelaksanaan tugas panwascam maupun PPK tentunya tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya dukungan kecamatan sebagai sekretariat.

“Saya minta beri dukungan sebaik mungkin baik personil maupun sumber daya dengan tetap berpegang pada peraturan,” tegasnya

Hal yang tak kalah penting dan terkadang dilupakan, yakni pencegahan pelanggaran pemilu. Ia pun meminta agar semua juga fokus untuk mengidentifikasi dan memetakan potensi kerawanan pelanggaran pemilu. Melakukan koordinasikan dengan semua stakeholders terkait.

Pasalnya, semakin banyak pihak yang terlibat dalam pengawasan, maka akan semakin kecil celah potensi pelanggaran pemilu. Ketiga, turut mendorong peningkatan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu.

“Sebagai wujud komitmen Pemerintah Kota Bogor di pilkada serentak nanti. Kami telah membentuk Desk Pilkada sebagai wadah bagi semua stakeholder menindaklanjuti hal-hal yang perlu dibahas di tingkat kota,” katanya.

Baca juga: Polresta, KPU, dan Bawaslu Kota Bogor Gelar Rakor: Tertibkan APK Pilkada

Di tempat yang sama, Ketua Bawaslu Kota Bogor, Herdiyatna memastikan 18 anggota panwascam yang dilantik dan disumpah ini tidak terafiliasi dengan kelompok manapun. Serta menjamin netralitas dan profesionalisme dari panwascam di Pilkada Kota Bogor mendatang. Jika nanti ditemukan pelanggaran kode etik pada panwascam, pihaknya tidak segan untuk memberikan saksi sesuai dengan peraturan di Bawaslu.

“Jadi 18 anggota panwascam ini, 10 orangnya merupakan panwascam saat pilpres, sementara 8 orang lagi merupakan panwas kelurahan yang naik menjadi panwascam,” kata dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *