Scroll untuk baca artikel
Info Bogor

204 Anggota PPS Untuk Pilkada Kota Bogor Dilantik

32
×

204 Anggota PPS Untuk Pilkada Kota Bogor Dilantik

Sebarkan artikel ini
anggota pps.
Angota PPS se-Kota Bogor seusai dilantik.

BOGOR, Kobra Post Online – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor melantik sebanyak 204 anggota PPS (Panitia Pemungutan Suara) di Gedung Poetri Ballroom SKI Katulampa, Minggu (26/5) kemari.

Pelantikan dilakukan langsung Ketua KPU Kota Bogor, Habibi Zaenal, dan disaksikan pula Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor, Hery Antasari serta Ketua KPU Provinsi Jawa Barat, Ummi Wahyuni.

Usai pelantikan, Hery menyampaikan bahwa para anggota PPS sudah menjalani beragam seleksi yang dilakukan oleh KPU Kota Bogor. Tentu dengan harapan bisa menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 ini.

“Harus diakui bahwa tugas fungsi PPS sangat penting dan strategis dalam melaksanakan Pilkada 2024. Karena PPS adalah pihak yang langsung berinteraksi, langsung berhadapan dan langsung berhubungan dengan para calon pemilih yang memiliki hak pilih tetap,” kata Hery.

Sambung Hery, suksesnya pilkada serentak untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta wali kota dan wakil wali kota akan sangat bergantung kepada para anggota PPS, terutama di Kota Bogor.

“PPS adalah ujung tombak dalam melaksanakan tugas-tugas pelaksanaan pemilihan kepala daerah di tingkat kelurahan. Dari mulai mengumpulkan dan menyampaikan hasil perhitungan suara, melakukan evaluasi dan laporan, sampai terakhir memastikan ketersediaan perlengkapan pemungutan suara serta lainnya,” urai Hery.

Baca juga: Bawaslu Lantik 18 Anggota Panwaslu Kecamatan se-Kota Bogor

Masih kata Hery, PPS adalah instrumen penting untuk menentukan kualitas proses pemungutan dan perhitungan suara. Secara tidak langsung pula, menentukan kualitas dari kepala daerah yang terpilih dalam kontestasi politik nanti.

“Saya berharap kepada para anggota PPS dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Menjaga netralitas, tidak berpihak dan tidak partisan,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Ketua KPU Provinsi Jawa Barat, Ummi Wahyuni menjelaskan bahwa di Jawa Barat ada kurang lebih 17 ribu anggota PPS yang dilantik dan diambil sumpah. 204 orang diantaranya berasal dari Kota Bogor.

“Kalau pada Pemilu 2024 kemarin, Jawa Barat itu punya hampir 1,3 juta penyelenggara. Mungkin kalau di daerah lain, jumlah 1,3 juta itu jumlah pemilih, tapi di Jawa Barat itu jumlah penyelenggaranya,” beber Ummi.

Baca juga: 1.428 Anggota KPPS di Kecamatan Rancabungur Dilantik

Hal itu, sambung Ummi menjadi modal utama untuk suksesnya penyelenggaraan kontestasi berikutnya. Pada 27 November mendatang, tepatnya 184 hari lagi, Pilkada Serentak Nasional pertama di tahun 2024 akan berlangsung.

“Meskipun Kota Bogor tidak masuk di daerah pemilih terbanyak, namun Kota Bogor itu adalah penyangga ibu kota. Salah satu kota dimana bapak presiden tinggal. Kami sangat yakin, pelaksanaan Pilkada di Kota Bogor memiliki peranan penting dalam suksesnya Pilkada di Jawa Barat,” ungkapnya.

Ketua KPU Kota Bogor, Habibi Zaenal menambahkan, para anggota PPS diharapkan bisa menjalankan tugasnya sesuai dengan aturan Perundang-Undangan yang ada. Dan sesuai dengan pakta integritas yang sudah dipegang masing-masing anggota.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *