Banyak Proyek Pengaspalan Jalan di Kota Bogor Tidak Transparan

oleh -1.041 views
Banyak Proyek Pengaspalan Jalan di Kota Bogor Tidak Transparan
Salah satu proyek pengaspalan jalan di Kota Bogor tahun 2019 (Foto : Hamid)

BOGOR, Kobrapostonline.com – Banyak proyek pengaspalan jalan di Kota Bogor Tidak Transparan. Pasalnya kegiatan yang bersumber dari APBD itu tidak terpasang papan nama proyek. Seperti yang terjadi di wilayah Kecamatan Bogor Timur, Bogor Selatan dan Tanah Sareal.

Fahleri Ketua BPI (Badan Peneliti Independen) Kota Bogor mengatakan, secara administrasi papan proyek itu sangat penting sebagai informasi.

“Jika memang tidak ada papan nama proyek, berarti tidak ada transparansi. Sehingga patut diduga sudah mengangkangi Undang-undang No.14 tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP),” katanya, Kamis (26/09/2019).

Menurut Fahleri, seharusnya pihak pengawas dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Bogor menegur pelaksana.

“Jika pengawas dari dinas sudah tahu tidak ada papan proyek, kenapa tidak menegur pihak pelaksana? Kok malah diam-diam saja, ada apa ini?,” ungkapnya.

Proyek Pengaspalan Jalan
Salah satu proyek pengaspalan jalan di Kota Bogor tahun 2019

Baca juga : Aula Kantor Desa Purasari Ambruk Diterpa Hujan Angin

Disisi lain, tim Bantuan Tekhnik (Bantek) DPUPR enggan memberikan komentarnya saat dikonfirmasi oleh Kobrapostonline.

Adapun jawaban dari salah satu pelaksana pekerjaan yang berhasil ditemui Kobrapostonline mengatakan, papan informasi proyek ada, namun belum dipasang.

Sementara menurut Muh. Sarbiny Kepala Seksi Pembangunan Kebinamargaan Wilayah I DPUPR Kota Bogor, saat diminta tanggapannya terkait proyek pengaspalan jalan itu mengatakan, bahwa papan proyek itu merupakan keutamaan dalam pelaksanaan kerja yang menggunakan dana APBD.

“Tentunya dia sudah melanggar aturan. Sedangkan pihak dinas sudah menganjurkan, bahwa papan proyek harus ada sebelum melaksanakan pekerjaan tersebut,” terangnya.

Reporter : Hamid

Editor : Rangga A.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *