70 ODP dan ODR Ikuti Rapid Test Covid-19 di Puskesmas Karadenan

oleh -1.853 views
Puskesmas Karadenan
Bupati Bogor, Ade Yasin saat melakukan pemantauan pelaksanaan rapit test Covid-19 di Puskesmas Karadenan, Cibinong, Kabupaten Bogor

BOGOR, Kobrapostonline.com – Sebanyak 70 Orang Dalam Pantauan (ODP) dan Orang Dalam Resiko (ODR) mengikuti rapid test Covid-19 di Puskesmas Karadenan, Kelurahan Karadenan, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. Kamis (26/03/2020).

Pada kesempatan itu Bupati Bogor, Ade Yasin dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Mikeu Kaltarina turut hadir untuk memantau rapid test terhadap ODP dan ODR yang ada di Puskesmas Karadenan.

“Hari ini rapid test kedua, masih kita lakukan kepada ODR, yaitu orang dengan risiko dan ODP, sebanyak 70 orang yang dites,” kata Bupati Bogor Ade Yasin ketika ditemui di Puskesmas Karadenan.

Bupati menjelaskan, pada rapid test yang dilaksanakan Rabu (25/03) kemarin, ada sebanyak 320 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di empat rumah sakit yaitu, RSUD Cibinong, Ciawi, Leuwiliang dan Cileungsi.

“Kemarin kan yang sudah masuk itu 320 PDP. Ditambah hari ini ODP, datanya belum masuk. Tapi sebanyak mungkin ya ODP. Karena, datanya kan sudah ada,” jelas Ade Yasin.

Menurutnya, saat ini sebanyak 165 tenaga medis melakukan rapid test kepada 422 ODP dan ODR. Pada rapid test yang dilaksanakan di empat RSUD Kabupaten Bogor, ada satu orang yang memang dinyatakan positif Covid-19.

“Kemarin ada satu orang yang dinyatakan positif Covid-19, yaitu warga Parung Panjang berjenis kelamin perempuan, usianya 15 tahun,” ujarnya.

Baca juga : Siap-siap Angkot di Kota Bogor Akan Disemprot

Adapun sistim pelaksanaan rapid test, lanjutnya, dilakukan secara bertahap agar tercipta situasi yang kondusif.

“Harus bertahap, karena jika mengumpulkan orang secara serentak juga khawatir, nanti takut kekurangan dokter atau apa. Jadi dibagi tugas, kita sengaja tidak diadakan dalam satu tempat, karena untuk menghindari penumpukan orang,” pungkas Ade Yasin.

Reporter : Didon

Editor : Rangga A.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *