Scroll untuk baca artikel
Info Bogor

1.428 Anggota KPPS di Kecamatan Rancabungur Dilantik

312
×

1.428 Anggota KPPS di Kecamatan Rancabungur Dilantik

Sebarkan artikel ini
Angota KPPS seusai dilantik.

BOGOR, Kobra Post Online – Sebanyak 1.428 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor dilantik.

Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Rancabungur, Rahmat Hidayat mengatakan, pelantikan dan pengambilan sumpah anggota KPPS dilakukan serentak pada hari Kamis (25/1) yang dilakukan setiap desa se-Kecamatan Rancabungur.

“KPPS akan bertugas di 204 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di tujuh desa di Kecamatan Rancabungur,” kata Rahmat kepada Kobra Post Online di Kantor Sekretariat PPK.

Rahmat menyebutkan, dalam satu hari, pelantikan dan pengambilan sumpah anggota KPPS di tiap-tiap desa dengan jam yang berbeda-beda. Namun, dua desa melaksanakan pelantikan di Aula Gedung Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), yakni Desa Cimulang dan Rancabungur. Menurutnya, KPPS ini merupakan ujung tombak penyelenggara Pemilu yang akan bertugas di TPS.

“Pada hari ini Kecamatan Rancabungur atau Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tiap-tiap desa melantik lebih kurang 1.428 orang, anggota KPPS yang akan bertugas di 14 Februari nanti.

Ia menjelaskan, nantinya kerja KPPS akan dibantu oleh dua orang setiap TPS, yakni petugas keamanan. Jadi, total keseluruhan penyelenggara di TPS nanti sebanyak 1428 ditambah 416 petugas keamanan.

“Pelantikan ini serentak namun beda waktu saja. Pagi dilaksanakan oleh Desa Bantarjaya dan Cimulang. Kemudian siang ini tersebar di lima desa, diantaranya Pasirgaok, Bantarsari, Candali, Mekarsari dan Rancabungur,” jelasnya.

Ketua PPK Rancabungur, Rahmat Hidayat.
Baca juga: Panwascam Rancabungur Gelar Sosialisasi Pemilu 2024

Rahmat menyebutkan, fungsi dan tugas KPPS adalah membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam menyelenggarakan dan melaksanakan pemungutan serta penghitungan suara di TPS. Selain tugas utama di tanggal 14 Februari nanti, KPPS diterjunkan untuk persiapan-persiapan TPS.

“Alhamdulillah logistik  saat ini kita sudah menerima bilik suara dan perlengkapan yang ada di luar kotak. Insya Allah di Minggu ini kita akan menerima tiga kotak, yaitu kotak presiden, DPD RI dan DPR RI. Artinya untuk Pemilu kesiapan penyelenggaraan di Kecamatan Rancabungur siap,” jelasnya.

Terakhir, Rahmat menerangkan, masa kerja KPPS dimulai pada tanggal 25 Januari hingga 25 Februari. Selain bertugas pada hari pencoblosan, namun ada tugas-tugas lainnya seperti pelaporan-pelaporan administrasi setelah pemungutan suara.

“Pesan kami tetap jaga kesehatan, karena inti semua pekerjaan itu bisa dikerjakan jika kita sehat. Selain itu, tetap tegak lurus, ikuti undang-undang yang telah diatur,” ujarnya.

Pengambilan sumpah anggota KPPS.
Baca juga: Dekati Pemilu, Panwascam Rancabungur Akan Tingkatkan Aparatur Pengawas

Sementara itu, Camat Rancabungur, Dita Aprilia menghimbau kepada anggota KPPS yang dilantik agar melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan penuh dengan tanggungjawab.

“Saya tekankan untuk jaga netralitas, karena mereka berada langsung di TPS. Lalu kemudian, tingkatkan koordinasi dengan pemerintah desa, PPS, pengawas desa, PPK, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan linmas. Terutama harus diantisipasi apabila hal-hal bencana terjadi. Maka mereka harus gerakk cepat antisipasi bencana,” imbaunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *