Scroll untuk baca artikel
Info Bogor

Tohir Sang Pelukis Batu Buka Gerai Lukisan di Museum Perjuangan Bogor

291
×

Tohir Sang Pelukis Batu Buka Gerai Lukisan di Museum Perjuangan Bogor

Sebarkan artikel ini
Galeri Juang tepat di depan Museum Perjuangan. (Foto: Dok. Yaso).

BOGOR, Kobra Post Online – Masih ingat dengan Tohir Kulikulo? Seorang pelukis batu Sungai Ciliwung yang pernah melukis batu 77 wajah Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim dan melukis celana Wali Kota Bogor, Bima Arya.

Sang seniman lukis ini, kini membuka gerai lukisan “Galeri Juang” di Museum Perjuangan Bogor yang berlokasi di Jalan Merdeka Nomor 56 Kota Bogor.

Pelukis yang memiliki nama asli Sukmajaya membuka gerai lukisan di Museum Perjuangan karena semata-mata ingin menghidupkan kembali museum bersejarah di Kota Bogor, yang sudah berdiri sejak tahun 1957.  

“Prihatin dengan kondisi Museum Perjuangan yang kurang terawat, karena minimnya perhatian dari Pemerintah Kota Bogor. Padahal museum ini sangat bersejarah berdiri sejak tahun 1957,” ujar Tohir Kepada Kobra Post Online, Jumat (5/1).

Baca juga: Tohir Penuhi Janjinya Pamerkan 77 Lukisan Batu Wajah Wakil Wali Kota Bogor

Tohir menuturkan, dirinya membuka galeri lukisan di Museum Perjuangan karena ingin menghidupkan museum.

“Kebetulan pak Beni salah satu pengelola museum memfasilitasi tempat di depan museum. Kita namakan Galeri Juang. Ketika ada rombongan pengunjung datang ke museum, kita akan berikan cindera mata berupa lukisan pahlawan,” tutur Tohir.

Baca juga: Museum Pajajaran Kota Bogor Bakal Jadi Magnet Pariwisata

Tohir menambahkan, dirinya berkeinginan membuat pameran lukisan di depan Museum Perjuangan dengan mengundang para pelukis yang ada di Bogor.

Di lokasi Galeri Juang, Museum Perjuangan, Tohir menjajakan sejumlah karya lukisannya. Selain lukisan di atas batu yang diambil dari Sungai Ciliwung, dia pun memajang lukisan diatas kain hasil karyanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *