Scroll untuk baca artikel
Pendidikan

SMKN 1 Kota Bogor Jadi Idola PPDB 2020

5385
×

SMKN 1 Kota Bogor Jadi Idola PPDB 2020

Sebarkan artikel ini
smkn 1 kota bogor
Waka SMK Negeri 1 Kota Bogor Bidang Humas, Nani Maryani. (Foto ; Dok. Hamid)

BOGOR, Kobra Post Online – SMK Negeri 1 Kota Bogor yang berlokasi di Jalan Heulang No.6, Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor menjadi idola para peserta didik baru tahun 2020 ini.

Hal tersebut diungkapkan oleh Waka SMKN 1 Kota Bogor Bidang Humas, Nani Maryani yang menyatakan jumlah pendaftar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online di sekolahnya mencapai 1.200 peserta.

“Pada gelombang pertama sudah ada 1.200 pendaftar. Kami selaku pihak sekolah merasa bersyukur atas animo dan kepercayaan masyarakat terhadap SMKN 1 Kota Bogor. Bahkan pengawas SMK yang saat itu hadir, sangat mengapreasi atas capaian tersebut,” ungkap Nani saat ditemui Kobra Post Online di sekolahnya, Jum’at (18/06).

Menurut Nani, semua itu tidak terlepas dari capaian prestasi SMKN 1 Kota Bogor. Baik secara akademik maupun non akademik, serta pelayanan dari panitia PPDB sekolah yang sopan dan persuasif.

“Sehingga membuat masyarakat sangat percaya jika anaknya menimba ilmu di sekolah ini,” ucapnya.

lanjut Waka Humas itu, PPDB tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Ada beberapa catatan yang harus digarisbawahi dalam pelaksanaan PPDB online.

“Kurang lebih ada 67 catatan. Salah satunya seperti penerimaan tidak dilakukan di SMA atau SMK. Ini sesuai peraturan dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat,” katanya.

Nani menjelaskan, perbedaannya adalah tahun ini pendaftaran melalui sekolah asal atau SMP (Sekolah Menengah Pertama).

“Calon siswa SMA atau SMK akan mendapatkan akun dari sekolah asal (SMP/MTs). Setelah mendapatkan akun, baru mereka bisa memasukan semua data untuk pendaftaran di SMA/SMK,” jelasnya.

Untuk jalur prestasi (Japres), tambah Nani, disesuaikan dengan ekstra kurikuler (Ekskul) yang ada di sekolah dengan fasilitas sarana penunjang yang ada.

“Bagi pendaftar melalui japres untuk ekskul yang tidak disediakan di sekolah, maka sistem akan menolaknya secara otomastis,” ucapnya.

Baca juga : Antisipasi Virus Corona, SMKN 1 Bogor Galakkan Gerakan Cuci Tangan

Adapun kategori prestasi kejuaraan PPDB SMKN 1 Kota Bogor tahun ajaran 2020/2021, meliputi perlombaan yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Seperti Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), FLS2N (Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional) serta Perlombaan.

“Sedangkan diluar ketentuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan diantaranya Pencak Silat, Volley Ball, Futsal, Sepak Bola, Seni dan Budaya (Tari , Alat Musik Modern, Vokal). Kepramukaan, PMR, Paskibra, Keagamaan (Hafizh, MTQ), Literasi  (Puisi). Tentunya ditunjang pula oleh sarana prasana pelatih dan pembina yang ada di sekolah kami. Tahun ini kuota PPDB tahun ajaran 2020/2021 SMK Negeri 1 ada 12 rombel dengan jumlah 432 siswa,” pungkas Nani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *