Scroll untuk baca artikel
Pendidikan

Siswa-siswi SDN Mekarsari Dilepas Dengan Dongeng

799
×

Siswa-siswi SDN Mekarsari Dilepas Dengan Dongeng

Sebarkan artikel ini
Siswa-siswi SDN Mekarsari Dilepas Dengan Dongeng 1
Persembahan nyanyian dari siswa-siswi kelas VI SDN Mekarsari. (Foto: Dok. Junaedi-kobrapostonline.com).

BOGOR, Kobra Post Online – Ada hal menarik pada acara pelepasan siswa-siswi SDN Mekarsari Kecamatan Rancabungur Kabupaten Bogor tahun 2023 ini. Pasalnya pihak panitia menghadirkan pendongeng terkenal yaitu Kak Iki Yosan yang membuat para siswa semakin terhibur.

Hal itu dilakukan agar para siswa kelas VI yang dilepas memiliki kesan saat akan meninggalkan sekolah setelah 6 tahun menimba ilmu di SDN Mekarsari.

Kepala SDN Mekarsari, Ujang Suhada mengatakan, selain acara pelepasan juga ada pentas seni. Acara ini, sambungnya, diawali oleh lengser yang mana pemerannya dari siswa itu sendirian. Lalu, ada raja dan ratu yang telah dipilih dari nilai terbaik, dilanjutkan sungkeman, pengalungan medali, persembahan nyanyian dari siswa kelas VI, penampilan angklung dan yang lainnya.

“Dengan adanya pelepasan ini, bertujuan untuk memperkenalkan kepada khalayak ramai. Bahwa kegiatan-kegiatan yang pernah dilakukan di sekolah, entah itu ekstrakurikuler atau sebagainya pada saat inilah mereka ditampilkan mulai dari kelas I sampai dengan kelas VI,” kata Ujang kepada Kobra Post Online disela-sela acara di ruang kerjanya, Kamis (22/6).

Siswa-siswi SDN Mekarsari Dilepas Dengan Dongeng 3
Kepala SDN Mekarsari, Ujang Suhada.
Baca juga: Siswi SDN Mekarsari Melaju ke Tingkat Provinsi Lomba Maca Sajak

Lanjut Ujang, jumlah siswa kelas VI berjumlah 52 orang, dan telah dinyatakan lulus 100 persen serta mendapat predikat nilai baik.

Ia menjelaskan, penampilan yang ditampilkan dari siswa itu, tak lain dari ekstrakurikuler yang dimiliki oleh sekolah. Di antaranya ekskul tari, Pramuka dan Seni Budaya Sunda. Untuk seni budaya ini, sambungnya, sering mengikuti lomba di tingkat kecamatan maupun kabupaten.

“Di antaranya pupuh dan dongeng. Kemarin itu masuk ke tingkat kabupaten mendapatkan juara ke 1 dan ke 2,” jelasnya.

Siswa-siswi SDN Mekarsari Dilepas Dengan Dongeng 5
Prosesi sungkeman.
Baca juga: Kemeriahan Pelepasan Siswa Kelas VI SDN Rancabungur 4

Mengenai mengundang pendongeng, Ujang menyebutkan, pihak sekolah berkolaborasi dengan seni budaya dari luar yaitu Kak Iki Yosan dari Kampung Dongeng yakni dirinya adalah pendongeng terkenal yang telah melanglang buana diberbagi daerah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *