Sanksi Pelanggar PSBB, Kerja Sosial atau Bayar Denda

oleh -1.627 views
Sanksi PSBB Kota Bogor

BOGOR, Kobrapostonline.com – Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)  tahap III resmi diberlakukan di Kota Bogor mulai Rabu 13 Mei sampai 24 Mei 2020.

Perpanjangan PSBB ini disepakati dalam Rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Bogor dan Gubernur Jabar setuju untuk memberlakukan PSBB tahap III mulai 13 Mei pukul 00.00 malam sampai 26 Mei 2020.

Dalam tayangan video melalui akun Instagramnya Wali Kota Bogor Bima Arya yang didampingi Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Eko Prabowo. dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP)  Kota Bogor Agustian Syah mengatakan, dengan pemberlakuan PSBB kali ini akan ada sanksi bagi pelanggar PSBB yang diatur melalui Peraturan Wali Kota.

Namun, kata Bima, sebelum sanksi itu diberlakukan akan diawali masa sosialisasi tiga hari pertama.

“Situasi tidak mudah. Tapi akan lebih sulit lagi kalau tidak kita kawal bersama PSBB ini. Untuk kebaikan semua, selamatkan sebanyak mungkin warga,” tegas Bima.

Ia menjelaskan, sanksi bagi pelanggar PSBB tahap III diantaranya, tidak mengenakan masker akan dikenakan denda berupa kerja sosial atau denda mulai Rp50 ribu hingga Rp250 ribu.

Selanjutnya kantor atau perusahan yang tidak dikecualikan dalam aturan PSBB. Akan terkena sanksi ditutup atau disegel atau membayar denda mulai Rp1 juta sampai Rp10 juta.

Restoran yang menyajikan makan ditempat akan terkena sanksi di hentikan atau  disegel atau denda antara Rp5 juta sampai Rp10 juta.

Baca juga : Ini Patroli Ala Muspika Bogor Tengah

Kemudian, untuk kerumunan orang seperti pasar dan stasiun. Jika kerumunan lebih dari 5 orang akan terkena sanksi mulai dari teguran tertulis, sanksi sosial sampai dengan denda antara Rp50 ribu hingga Rp250 ribu.

Bagi kendaraan roda dua dan ronda empat yang penumpangnya melebihi kapasitas, atau penumpangnya tidak mengenakan masker. Akan terkena sanksi kerja sosial atau denda yang jumlahnya variatif antara Rp500 ribu sampai Rp1 juta.

Lanjut walikota, Pemkot Bogor akan terus pastikan semua bantuan sampai kepada yang membutuhkan.

“Silahkan cek data penerima bantuan dan progresnya di salur.kotabogor.go.id,” pungkasnya.

Reporter          : Yaso

Editor              : Rangga A.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *