Ratusan Warga Tidak Dapat Gunakan Hak Pilihnya Pada Pilkades Sukahati Citeureup

oleh -2.743 views
Pilkades Sukahati

BOGOR, Kobrapostonline.com – Ratusan warga yang tidak dapat menggunakan hak pilih dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Sukahati Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor tahun 2019, yang digelar di lapangan Nagrog Jl. Tengsaw RW.02, Sukahati. Minggu (03/11/2019).

Menurut informasi yang diperoleh Kobrapostonline dari beberapa warga dilapangan, kejadian tersebut disebabkan karena fasilitas TPS tidak memadai.

“Bayangkan saja, ada 7.800 lebih masyarakat yang akan memilih. Sedangkan fasilitas bilik suara hanya ada 9 bilik yang terbagi dalam 3 zonasi. Akhirnya ratusan mungkin mencapai ribuan warga tidak bisa memilih. Kami sebagai warga sangat kecewa,” ungkap warga yang enggan disebut namanya.

Pilkades Sukahati

Menurut Mukhtar Gozali Pejabat Sementara (PJS) Kepala Desa (Kades) Sukahati saat dikonfirmasi Kobrapostonline mengatakan bahwa, sebelumnya panitia sudah mensosialisasikan sistim proses pemungutan suara kepada masyarakat.

“Panitia sudah mengumumkan bahwa sebelum pukul 13.00 surat undangan harus sudah masuk. Hasil kesepakatan panitia dan para calon proses pemilihan tetap bisa berjalan hingga selesai. Asalkan surat undangan masuk sebelum pukul 13.00 WIB,” jelasnya.

Dari awal, lanjut Mukhtar, panitia sudah mempersiapkan segalanya secara matang. Dengan sistim pemungutan suara dibagi dalam 3 zona.

“Dari jumlah pemilih 7.800 lebih dibagi dalam 3 zona. Dimana setiap zona terdiri dari tiga RW yang dibagi-bagi sesuai jumlah penduduknya,” ungkapnya.

Baca juga : 10 Warga Desa Bantarkaret Pingsan

Disisi lain, Asep Mulyana Camat Citeureup ditempat yang sama saat diminta tanggapannya terkait hal tersebut, mengatakan fasilitas yang disiapkan oleh panitia sudah maksimal.

“Disini bukannya saya mau saling menyalahkan ya!. Posisi kehadiran, pagi sepi disini tidak seperti di desa-desa lain yang sudah penuh. Kalau disini antara jam 9 sampai 10 baru ramai,” paparnya.

Sehingga saat pukul 12.00 WIB, lanjut Asep, seharusnya sudah ditutup diperpanjang sampai pukul 13.00 WIB.

“Itupun kondisinya warga masih banyak. Tadi sudah dimusyawarahkan oleh ketua panitia dengan para calon. Jadi untuk berkas undangan yang sudah masuk dihimpun dan proses pemanggilan berlanjut,” katanya.

Sedangkan Ketua Panitia, Mukhlis tidak dapat dikonfirmasi dengan alasan sedang sibuk.

Reporter : Rangga A.

Spread the love

One thought on “Ratusan Warga Tidak Dapat Gunakan Hak Pilihnya Pada Pilkades Sukahati Citeureup

  1. Menurut saya itu karena salah prosedur nya..harus nya tiap warga yg datang ikut antrian..lngsung memberikan form nya ke petugas.dan lngsung mencoblos..
    Tapi ini tidak. Warga yg datang sejak pagi form nya dikumpulkan oleh panitia lalu menunggu panggilan.sedangkan warga makin siang makin banyak jadi form yg awal datang ketimpa sama form warga yg baru datang.
    Bahkan saya sendiri yg datang dari jam 7 pagi malah tidak ada panggilan..beda yg baru dtng jam 10 sudah lebih dulu di panggil.
    Akhirnya warga bnyak yg pulang dulu karena sudah lama menunggu..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *