PT SDB Gelar Pelatihan Gada Pratama Ke-5

oleh -2.467 views
PT SDB

BEKASI, Kobrapostonline.com – PT Sejahtera Damai Bersama (SDB) bekerjasama dengan Direktorat Bina Masyarakat (Binmas) Polda Metro Jaya menggelar pelatihan terhadap 200 anggota Satuan Pengamanan (Satpam) untuk sertifikasi Gada Pratama.

Pelatihan Gada Pratama angkatan ke-5 itu dilaksanakan menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2020 di lapangan Rusa, Perumahan Cikarang Baru, Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Rabu (18/12/2019).

Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Satpam dan Polisi Khusus (Polsus) Direktorat Pembinaan Masyarakat (Ditbinmas) Polda Metro Jaya, Doni Sembiring mengatakan, Satpam mesti mempunyai standardisasi dan legalitas seperti Gada Pratama.

“Karena berkaitan dengan tugas pokok pengamanan di tempat tugasnya, mereka harus bertugas dengan penuh tanggung jawab. Apabila ada orang yang tidak dikenal atau aksi kriminal, diharapkan mereka bisa berkoordinasi dengan aparat setempat,” katanya.

Sehingga, tambah Doni, pelibatan satpam dapat membantu tugas Kepolisian dengan profresionalitas yang dimiliki.

Sementara itu Pelaksana Harian (Plh) Kepala Satuan Pembinaan Masyarakat (Kasat Binmas), Komisaris Alin Kuncoro menjelaskan, di Kabupaten Bekasi ada 50 Penyedia Usaha Jasa Pengamanan (PUJB) dengan estimasi sekitar 4.000 anggota satpam. Salah satunya PT SDB yang dapat menyelenggarakan Gada Pratama.

“Mereka punya tugas sebagai perpanjangan tangan kewenangan Kepolisian terbatas. Kita akan koordinasi. Mereka ditempatkan untuk melaksanakan itu, kita sebagai pembina fungsi akan saling berkoordinasi untuk menjaga sinergitas keamanan,” ungakapnya.

Baca juga : Kades Sukaraja Meninggal Dunia Usai Dilantik

Sedangkan Komisaris PT SDB Tika Eko Mugiono mengutarakan bahwa pihaknya sudah 5 kali menggelar pelatihan Gada Pratama. Untuk angkatan kali ini kurang lebih ada 200 orang anggota Satpam yang dilatih.

“Kita berharap dengan adanya pelatihan ini bisa meningkatkan kemampuan Satpam tersebut untuk menjaga keamanan di lingkungannya. PT SDB menerima PUJB lain yang belum punya diklat Gada Pratama, kita siap bantu untuk diklatnya,” ucap Tika.

Tika juga menjelaskan, PT SDB saat ini memiliki cabang di 5 daerah dengan jumlah pelanggan mencapai 100 perusahaan. Ada 2.000 lebih tenaga profesional Satpam bergabung dengan perusahaan itu.

“Kita juga membuka pendaftaran untuk diklat Gada Pratama angkatan keenam. Bisa dapat menghubungi kantor PT SDB,” imbuhnya.

Reporter : Surya S.

Editor : Rangga A.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *