Pelanggar PSBB Siap-Siap Kena Sanksi

oleh -866 views
Pelanggar PSBB Siap-Siap Kena Sanksi
Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

BOGOR, Kobrapostonline.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan berdasarkan pantauannya di checkpoint Gerbang Tol Baranangsiang, Kota Bogor terlihat arus kendaraan yang masuk lewat pintu Tol Jagorawi sudah turun hampir 50 persen.

“Jadi, turun setengahnya. Sementara tujuan dari PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) terlihat ada hasilnya di Kota Bogor. Tapi, Bogor pintu masuknya tidak hanya lewat jalan tol,” kata Ridwan Kamil yang didampingi Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim dan Kapolda Jabar ketika memantau hari pertama pelaksanaan PSBB di Kota Bogor. Rabu (15/04/2020) kemarin.

Ia mengatakan dengan dibangun pos-pos checkpoint  Kapolda Jabar sudah menginstruksikan agar banyak pemeriksaan kepada mereka yang berseliweran di jalan.

Kepada yang melanggar aturan, lanjut Emil, misalnya seperti tujuannya tidak jelas atau bukan kelompok yang bekerja di delapan zona pengecualian, akan diberikan blanko teguran. Termasuk pengendara motor yang tidak memakai masker dan sarung tangan.

“Blanko teguran ini seperti surat tilang. Dengan resminya PSBB, maka sanksi itu bisa  dilaksanakan. Jadi sanksi sesuai aturan, seperti kurungan, tipiring, denda dan sebagainya. Tapi itu terakhir, karena sebelumnya kita berikan surat teguran. Mudah-mudahan bisa kita dilaksanakan,” imbuhnya.

Adapun sanksi yang dikeluarkan Pemkot Bogor mengatur enam poin. Berikut enam poin aturan sanksi yang disiapkan Pemkot Bogor bagi pelanggar PSBB :

1. Barangsiapa dengan kekerasan atau dengan ancaman kekerasan melawan seorang pejabat yang sedang menjalankan tugas yang sah, atau orang yang waktu itu menurut kewajiban undang-undang atau atas permintaan pejabat yang bersangkutan sedang membantunya, diancam karena melawan pejabat.

Merujuk Pasal 212 KUHP, ancaman pidana penjara paling lama 1 tahun 4 bulan atau pidana denda paling banyak Rp4.500.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *