Desa Kalongliud Anggarkan Rp25 Juta Untuk Penanganan COVID-19

oleh -992 views
Pembagian Masker
Desa Kalongliud Nanggung bagikan masker gratis kepada warga dan pengendara bermotor yang melintasi wilayah Kalongliud. (Foto ; D. Alek)

BOGOR, Kobrapostonline.com – Desa Kalongliud Kecamatan Nanggung Kabupaten Bogor anggarkan Rp25 juta dari Dana Desa (DD) untuk penanganan pencegahan penyebaran COVID-19.

Anggaran itu kami alokasikan untuk penyediaan prasarana pendukung pencegahan COVID-19. Selain itu untuk upah pelaksana penyemprotan. Serta penyediaan paket data atau pulsa bagi anggota Satgas. Guna memperlancar informasi dan komunikasi secara komprehensif seputar perkembangan situasi saat ini,” ungkap Jani Nurjaman Kepala Desa (Kades) Kalongliud kepada Kobrapostonline.

Menurutnya, di hari pertama penerapan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) di Kabupaten Bogor. Pemerintah Desa (Pemdes) mengambil langkah dengan melakukan screening kesehatan secara menyeluruh.

“Bukan hanya kepada pengunjung kantor desa, juga bagi masyarakat yang melintas masuk dan keluar wilayah Kalongliud. Ini sebagai bentuk dukungan kita terhadap pemberlakuan PSBB,” kata Jani.

Kades menjelaskan, pihaknya juga membagikan masker secara gratis kepada warga dan pengendara bermotor yang melintas. Sekaligus memberikan imbauan untuk tidak keluar rumah jika tidak terlalu penting.

“Bagi yang tidak memakai masker, kita berikan secara gratis dan kita kasih imbauan kepada mereka,” jelasnya.

Baca juga : Pelanggar PSBB Siap-Siap Kena Sanksi

Terkait penyemprotan cairan disinfektan, Jani menuturkan dilakukan secara periodik, khususnya di fasilitas sosial (Fasos) dan fasilitas umum (Fasum) di wilayah Kalongliud.

“Penyemprotan tahap ke empat akan segera kita laksanakan. Hal ini untuk menjaga warga desa agar terhindar dari virus corona,” ujarnya.

Jani menambahkan, pihaknya telah mengintruksikan para ketua RT dan RW untuk mendata warga yang baru datang atau pulang dari luar wilayah Desa Kalongliud.

“Terutama bagi masyarakat yang beraktivitas di wilayah zona merah, akan selalu kami pantau perkembangan kesehatannya,” pungkas Kades.

Reporter          : D. Alek

Editor              : Rangga A.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *