Menjadi Pemadam Kebakaran Bukan Cita-cita Melainkan Panggilan Jiwa

oleh -1.667 views
Pemadam Kebakaran
Upacara HUT Pemadam Kebakaran Ke-101, tingkat Provinsi Jawa Barat dilaksanakan di Lapangan Tegar Beriman Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (17/03/2020).

BOGOR, Kobrapostonline.com – Dikalangan aparatur Pemadam Kebakaran (Damkar), terdapat satu kalimat sederhana yang mengandung makna luar biasa yaitu, menjadi pemadam kebakaran bukanlah cita-cita melainkan panggilan jiwa.

“Pengabdian aparatur Damkar patut diberikan apresiasi dan penghargaan tertinggi dari para pemangku kepentingan,” kata Bupati Bogor, Ade Yasin dalam sambutannya saat menjadi inspektur Upacara HUT Pemadam Kebakaran Ke-101, tingkat Provinsi Jawa Barat. Selasa (17/03/2020).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 23 perwakilan Damkar Kabupaten dan Kota se-Jawa Barat yang dilaksanakan di Lapangan Tegar Beriman Cibinong, Kabupaten Bogor.

Ade Yasin mengajak kepada seluruh pemangku kepentingan untuk menjadikan Damkar sebagai perangkat daerah yang professional, modern dan terlatih.

“Sebagai perangkat daerah yang menjadi barisan terdepan dalam memberikan perlindungan terhadap masyarakat pada kondisi kedaruratan, pemadam kebakaran telah menunjukan kinerja yang luar biasa,” tuturnya.

Selain itu, lanjut Bupati, Damkar bertugas melebihi jam kerja ASN pada umumnya. Membangun kesiapsiagaan selama 24 jam tanpa mengenal hari libur dengan memegang teguh moto pantang pulang sebelum padam. Ia pun menambahkan, tupoksi Damkar tidak hanya melakukan pemadaman saja tapi banyak hal lain yang dikerjakan.

“Wilayah tugas Damkar tidak hanya melakukan pemadaman saja. Secara luas, juga terlibat aktif dalam berbagai upaya penyelamatan. Seperti membantu penanganan banjir, kecelakaan bahkan sampai kepada animal rescue dengan melakukan penanganan terhadap hewan,” imbuhnya.

Baca juga : Tangani Covid-19, Kemenkeu Siapkan DAK Fisik dan Bantuan Operasional Kesehatan

Menurut Ade Yasin, Damkar telah menjadi contoh yang baik bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam lingkup pemerintah daerah.

“Dari sudut budaya kerja, ASN ini telah menjadi contoh yang baik bagi seluruh ASN. Keikhlasan dan kesabaran dalam melaksanakan tugas dijadikan sebagai jalan pengabdian terhadap Negara dan Bangsa,” pungkasnya.

Reporter : Didon

Editor : Yaso

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *