Scroll untuk baca artikel
Teknologi

Keunggulan Corning Gorilla Glass 5 di Samsung Galaxy A34

3049
×

Keunggulan Corning Gorilla Glass 5 di Samsung Galaxy A34

Sebarkan artikel ini
Corning Gorilla Glass 5

Pengertian Corning Gorilla Glass 5

Kobra Post Online – Corning Gorilla Glass 5 adalah jenis pelindung layar yang digunakan pada perangkat elektronik seperti smartphone, tablet, dan laptop. Gorilla Glass 5 dikembangkan oleh perusahaan teknologi asal Amerika, Corning Incorporated, dan diluncurkan pada tahun 2016. Gorilla Glass 5 dirancang untuk memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap goresan, retak, dan kerusakan akibat jatuh dari ketinggian yang lebih tinggi.

Pelindung layar ini terbuat dari kaca yang diperkuat dengan teknologi Corning Ion-Exchange, yang membuatnya lebih kuat dan tahan lama. Gorilla Glass 5 juga memiliki keunggulan dalam hal transparansi dan sensitivitas layar sentuh, sehingga memberikan pengalaman penggunaan yang lebih nyaman dan responsif.

Sejarah Ponsel

Sama seperti teknologi lainnya, ponsel juga mengalami perkembangan. Dulu, ponsel hanya bisa dimiliki oleh beberapa kalangan karena harganya yang mahal.

Namun, sekarang ponsel sudah banyak digunakan oleh masyarakat tidak hanya sebagai alat untuk berkomunikasi, namun juga digunakan untuk hal lainnya seperti untuk urusan pendidikan, perdagangan dan lainnya di mana semua bisa dikerjakan di ponsel pintar.

Sebelum menjadi ponsel pintar, ponsel hanya digunakan untuk berkomunikasi saja dengan melakukan panggilan telepon atau pesan singkat.

Menurut kamus Oxford, ponsel pintar adalah ponsel yang bisa melakukan banyak fungsi komputer, biasanya memiliki antarmuka layar sentuh, akses internet, dan sistem operasi yang mampu menjalankan aplikasi yang sudah diunduh.

Awal sejarah ponsel pintar adalah sekitar tahun 1992 di mana IBM sudah membayangkan untuk telepon bergaya komputer sejak tahun 1970, namun sekitar tahun 1992, prototipe ponsel pintar baru diluncurkan di pameran dagang komputer dan teknologi COMDEX, Las Vegas.

Ponsel pintar tersebut adalah Simon Personal Communicator. Tidak hanya bisa menerima panggilan, ponsel pintar ini bisa mengirimkan email, faksimili, dan membuka halaman seluler, tidak sampai disitu, ponsel pintar ini juga memiliki layar sentuh yang bagus untuk memanggil nomor. Ada juga fitur tambahan pada prototipe ini yaitu kalender, buku alamat, kalkulator, penjadwalan, dan notepad.

Baca juga: Kamu Wajib Tahu, Inilah 4 Jenis Kabel Charger HP

Sekitar tahun 1996, Nokia mengeluarkan Nokia 9000 Communicator dan dianggap canggih ketika itu. Ponsel ini dilengkapi dengan keyboard qwerty dan tombol navigasi. Pada masanya, perangkat ini adalah salah satu ponsel pintar pertama yang bisa menjelajah internet.

Lalu pada tahun 2001, mulai masuk Blackberry yang selain mendukung dengan berselancar di internet, Blackberry juga bisa mendukung email dan dilengkapi dengan jaringan 3G. seiring dengan berjalannya waktu, pada tahun 2007 dirilis iPhone yang pertama.

Perangkat ini merupakan perangkat yang paling ramping dan dilengkapi dengan internet lengkap dimana konsumen bisa merasakan menjelajah web seperti di komputer.

Di iPhone sendiri tidak menggunakan keyboard tradisional, namun menggunakan keyboard QWERTY dengan sensor multi sentuh agar konsumen bisa menikmati layar sentuh penuh seperti masa kini.

Jenis Layar Sentuh

Dengan adanya teknologi display di smartphone ini, perkembangan juga terjadi pada layar sentuhnya. Ada beberapa jenis layar sentuh seiring berkembangnya teknologi pada ponsel pintar diantaranya:

  1. Layar LCD. Biasanya layar jenis ini digunakan oleh ponsel pintar dengan harga yang terjangkau.
  2. TFT LCD. Ini adalah versi modifikasi dari LCD, namun sudah banyak tidak digunakan karena visibilitasnya buruk di siang hari.
  3. IPS LCD. Dengan menggunakan LCD ini, kualitas tampilan yang disajikan dengan brilian dan memiliki sudut pandang yang mengesankan.
  4. OLED. Biasanya dengan menggunakan layar OLED, akan menghasilkan gambar dengan lebih baik diiringi dengan adanya beberapa warna tambahan.
  5. Mini LED backlight. Konsumen akan dimanjakan dengan kinerja HDR yang lebih baik. Biasanya ponsel pintar dengan layar ini memiliki harga yang cukup mahal.
  6. Teknologi Quantum Dot. Efek warna yang dihasilkan akan lebih menarik, namun tidak semua produsen menggunakan layar ini.

Selain jenis layar LCD, produsen ponsel pintar juga berlomba-lomba untuk memberikan keunggulan pada layar sentuh seperti perlindungan Gorilla Glass.

Teknologi ini dibuat pada ponsel pintar ini dibuat dengan material kaca yang sangat kuat, sehingga ponsel pintar tidak mudah tergores atau pecah.

Berikut beberapa keunggulan ponsel pintar yang menggunakan Corning Gorilla Glass 5 adalah dapat melindungi layar ponsel pintar karena lapisannya yang tebal dan kokoh sehingga layar dijamin lebih aman. Inilah yang membuat ponsel pintar dengan Corning Gorilla Glass 5 ini menjadi incaran konsumen seperti yang terdapat di samsung galaxy a34 5g yang bisa Anda beli di Blibli. Unduh aplikasi Blibli untuk pengalaman belanja ponsel pintar dengan aman dan nyaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *