Harga Cabai Naik Jelang Natal dan Tahun Baru, Bebani Masyarakat

oleh -1.693 views
Harga Cabai Naik

BOGOR, Kobrapostonline.com – Masyarakat harus merogoh kantong cukup dalam untuk membeli kebutuhan bahan pokok rumah tangga yang mulai merambat naik jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru). Diprediksikan, kenaikan harga bahan pokok ini masih akan terus berlanjut hingga memasuki awal tahun 2020 mendatang.

Menurut salah satu pedagang di Pasar Leuwiliang Kabupaten Bogor, Pian, kenaikan terjadi pada bawang merah, cabai rawit dan cabai merah. Sedangkan untuk sayur-mayur, tidak terjadi kenaikan yang cukup signifikan atau bisa dikatakan masih tetap stabil.

“Cabai dan bawang ada kenaikan. Cabai rawit (Cabai Setan) sekarang harga per kilo mencapai Rp50 ribu, cabai merah besar harganya Rp35 ribu per kilo, bawang merah Rp40 ribu sampai Rp45 ribu per kilo gimana bawang nya, ada yang kecil ada yang gede tergantung ukurannya. Untuk sayur-sayuran masih stabil sih,” kata Pian, Jumat (20/12/2019).

Baca juga : Kades Sukaraja Meninggal Dunia Usai Dilantik

Selain itu, bahan pokok lain seperti daging ayam mentah mengalami kenaikan sekitar 10 persen. Berdasarkan keterangan salah satu penjual daging ayam di kawasan itu, saat ini harga daging ayam di pasaran menjadi Rp35 ribu.

“Menjelang natal dan tahun baru ini, ada kenaikan yang tadinya Rp32 ribu jadi Rp35 ribu,” ujar Lia yang menjajakan daging ayam mentah di Pasar Leuwiliang Kabupaten Bogor sejak beberapa tahun lalu.

Meski kenaikan harga bahan pokok ini tidak terlalu signifikan, namun masyarakat merasa cukup terbebani. Menurut salah satu warga Desa Puraseda Kecamatan Leuwiliang, Lena, hal ini lantaran perekonomian rakyat saat ini dirasa semakin sulit.

“Sekarang perekonomian makin sulit, susah nyari uang. Tapi perasaan sembako makin naik. Saya berharap harga bisa normal kembali,” keluh ibu rumah tangga yang di temui ketika berbelanja ini.

Kenaikan harga bahan pokok ini dibenarkan Kepala Unit PD Pasar Tohaga leuwiliang Kabupaten Bogor, Wawan ketika dikonfirmasi KP di kantornya. Menurutnya, kenaikan harga ini pasti terjadi di setiap akhir tahun menjelang Natal dan tahun baru.

“Menjelang Natal dan tahun baru untuk kenaikan harga pasti ada lah,” pungkasnya.

Reporter : Andres

Editor : Yaso

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *