Gunung Anak Krakatau Erupsi

oleh -1.112 views
Gunung Anak Krakatau Erupsi
Gunung Anak Krakatau Erupsi

JAKARTA, Kobrapostonline.com – Gunung Anak Krakatau mengalami letusan atau erupsi pada Jumat (10/04/2020) malam. Berdasarkan informasi dari situs Magma Kementerian ESDM, letusan pertama terjadi pada pukul 21.58 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 200 meter di atas puncak atau ± 357 meter di atas permukaan laut.

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal ke arah selatan. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitude maksimum 40 mm dan durasi 1 menit 12 detik.

Letusan kedua terjadi pada pukul 22.35 WIB. Tinggi kolom abu teramati kurang lebih 500 m di atas puncak. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal kea rah utara. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitude maksimum 40 mm dengan durasi 2248 detik.

PVMBG merekomendasikan masyarakat atau wisatawan tidak diberbolehkan mendekati kawah dalam radius 2 kilo meter dari kawah.

Baca juga : Kecamatan Bogor Timur Siap Membuat 10 Ribu Masker

Sementara informasi dari akun twitter Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), yang ditulis oleh petugas BNPB Fahrul Roji, Sabtu (11/04/2020) dini hari, saat ini Gunung Anak Krakatau berada pada tingkat level II atau waspada.

Sedangkan bunyi dentuman yang diduga disebabkan oleh letusan Gunung Anak Krakatau ini terdengar hingga Bogor, Depok dan Jakarta pada pukul 01.00 WIB hingga 03.00 WIB.

Sumber            : Magma Kementerian ESDM/BNPB/Lead.co.id

Editor              : Rangga A.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *