Scroll untuk baca artikel
Pendidikan

Gandeng Koramil Cigombong, MPLS SMP dan SMK Triwijaya Diisi Pendidikan Bela Negara

47
×

Gandeng Koramil Cigombong, MPLS SMP dan SMK Triwijaya Diisi Pendidikan Bela Negara

Sebarkan artikel ini
(MPLS) pada peserta didik Tahun Ajaran 2024/2025, di SMP dan SMK Triwijaya.

BOGOR, Kobra Post Online – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) pada peserta didik Tahun Ajaran 2024/2025, di SMP dan SMK Triwijaya, Kabupaten Bogor, diisi dengan pendidikan bela negara yang bekerja sama dengan Koramil 0621-12 Cigombong.

Kegiatan MPLS Bela Negara ini, dilaksanakan di lingkungan sekolah, Jalan Padat Karya No 2, Desa Ciadeg, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, dimulai pada Rabu (10/7).

Sedangkan, narasumber dari berbagai instansi yakni dari  Dinas Pendidikan, Polri dan TNI, BNN, serta Dinas Kesehatan.

Danramil 0621/12 Cigombong, Mayor Arm Mahtom Tohari mengatakan, kegiatan MPLS yang diisi dengan pendidikan bela negara menjadi terobosan dalam membangun karakter anak yang cinta tanah air, patriotis, disiplin, berani, teguh pendirian dan setia kawan sejak awal masuk proses pembelajaran di lembaga pendidikan Triwijaya.

Dirinya berharap, sebagai generasi penerus, agar memiliki karakter dan sikap mental serta etika yang baik. Lalu membentuk generasi emas yang siap dan mampu melanjutkan estafet pembangunan mengisi kemerdekaan.

Baca juga: Kota Bogor Diminta Siap Terkait Perubahan Otonom DKI Menjadi DKJ

Lanjut Danramil, kegiatan MPLS Bela Negara ini, selain memberikan wawasan dan lingkungan belajar juga mendekatkan peserta didik dengan nilai-nilai kedisiplinan serta organisasi pemerintahan. Khususnya TNI dan Polri yang turut membantu penyelenggaraan kegiatan tersebut selama tiga hari.

Kepala SMK Triwijaya KCD Wil 1 Kab. Bogor, Saepudin Suherman yang menjadi inisiator kegiatan MPLS dalam format bela negara ini mengungkapkan, pentingnya membentuk karakter siswa yang tangguh, cerdas, patriotis dan juga memiliki kesadaran hukum untuk membekali mereka menjadi warga negara yang taat dan mencintai tanah airnya.

“Siswa terbaik itu tidak sekedar cerdas dan pintar semata, tapi dia juga harus punya jiwa nasionalis serta kesadaran hokum. Dimana mereka kelak akan menjadi kekuatan bangsa yang dinamis, progresif sekaligus taat pada aturan ketata negaraan dimana dirinya berada,” ungkapnya.

Upacara pembukaan MPLS Bela Negara menjadi meriah dengan tampilan lagu-lagu bertema kebangsaan dari Kelompok Penyanyi Jalanan (KPJ) Merdeka Bogor, pimpinan Tohir Kulikulo, dan tampilan apik dari lagu ‘Nyanyian Anak Bangsa’ yang dilakukan oleh Rara Gendis, siswa kelas V SDIT Birru Wa Takwa Bogor.

Baca juga: Paguron KBPC Triwijaya Juara Umum Kejuaraan Pencak Silat Sultan Kacirebonan

Selepas upacara, Danramil memeriksa kondisi lapangan dan fasilitas tenda bagi para siswa yang mengikuti kegiatan tersebut.

Tampak hadir dalam kegiatan pembukaan MPLS Bela Negara ini Camat RE Irwan Somantri bersama Muspika Cigombong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *