Scroll untuk baca artikel
Info Bogor

FORNAS VII 2023 Dimulai, ZM Optimis Pegiat Kota Bogor Juara

824
×

FORNAS VII 2023 Dimulai, ZM Optimis Pegiat Kota Bogor Juara

Sebarkan artikel ini
FORNAS VII 2023 Dimulai, ZM Optimis Pegiat Kota Bogor Juara

BANDUNG, Kobra Post Online – Festival Olahraga Rekreasi Tingkat Nasional (FORNAS) VII 2023 telah dimulai sejak kemarin, Senin (3/7). Sebanyak 50 venue di wilayah Kabupaten Bandung disiapkan untuk pertandingan dari 87 induk organisasi olahraga (inorga), terdiri atas 58 inorga pertandingan, 10 ekshibisi khusus, dan 19 inorga ekshibisi. 

Pada Fornas VII ini ada tiga kategori yang dilombakan dengan 352 nomor pertandingan, yaitu olahraga kesehatan dan kebugaran, olahraga petualangan, serta olahraga tradisional dan kebudayaan.

Sebanyak 23 ribu pegiat olahraga rekreasi mengikuti pertandingan yang tersebar di Stadion Si Jalak Harupat, Sudirman, Margahayu, Soreang, dan Kawasan Wisata Pacira Ciwidey.

Sedangkan untuk pertandingan memancing, Ikatan Komunitas Mancing (IKM) akan menggelarnya di Kampung Cikebluk, Desa Cikande, Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat (KBB),

Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kota Bogor, Zaenul Mutaqin beserta jajaran pengurus, berkeliling mendatangi lokasi-lokasi para pegiat asal Kota Bogor yang sedang bertanding memperkuat Jawa Barat. Dukungan penuh diberikan KORMI Kota Bogor kepada para pegiat-pegiat yang akan mengikuti FORNAS VII hingga 9 Juli mendatang.

Para pegiat Kota Bogor yang tampil di hari pertama FORNAS VII ini di antaranya berasal dari inorga Persatuan Tonis Seluruh Indonesia (Pertonsi), Federasi Seni Panahan Tradisional Indonesia (Fespati), dan Senam Tera. Selanjutnya, Lembaga Seni Pernafasan Satria Nusantara (LSP SN), Bboy, ASKI, Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI), Ikatan Langkah Dansa Indonesia (ILDI), Komunitas Kebugaran Lansia Pra-lansia Indonesia (KLPI), dan Asosiasi Lari Trail Indonesia (ALTI).

Zaenul mengatakan bahwa Fespati saat ini sudah mengalami kemajuan. Bahkan, Inorga ini telah memiliki pegiat potensial yang dibuktikan dalam Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat (FORPROV) Jabar tahun lalu mampu meraih medali emas.

“Awalnya Fespati hanya ada Bogor Raya, tetapi saat ini di Kabupaten Bogor sudah ada Fespatih. InsyaAllah kita sukses sebagai tuan rumah, juga sukses menjadi juara, karena target kita yaitu Jabar Juara,” katanya ketika menemui para pegiat Fespati asal Kota Bogor, di lapangan Binjad Lanud, Senin (3/7).

FORNAS VII 2023, Pegiat Kota Bogor

Pria yang akrab disapa ZM ini mengaku optimis para pegiat asal Kota Bogor mampu menorehkan prestasi untuk Jawa Barat di ajang Fornas ke VII ini. Pasalnya, para pegiat asal Kota Bogor sudah memiliki pengalaman bertanding dalam FORPROV Jabar tahun lalu.

“Tentunya sangat optimis pegiat asal Kota Bogor akan memberikan prestasi terbaik untuk Jawa Barat,” ucap Zaenul.

Baca juga: 254 Pegiat Olahraga Kormi Perkuat Kontingen Jabar di Fornas VII

Pria yang akrab disapa ZM ini juga menambahkan bahwa Kota Bogor menurunkan 254 pegiat dari 24 inorga yang dipertandingkan. Secara keseluruhan, para pegiat dan penggiat asal Kota Bogor siap menghadapi seluruh pertandingan. 

Sementara, Ketua KORMI Jawa Barat, Denda Alamsyah berharap melalui FORNAS VII ini dapat menunjukkan olahraga masyarakat merupakan bagian dari budaya. Lantaran, lebih dari setengah jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini, menggunakan dana pribadi mereka sendiri.

“Sekitar 65 persen peserta menggunakan biaya mandiri. Kami, Jabar, mengirimkan 5.905 pegiat dengan 87 induk organisasi olahraga. Kami optimis bahwa Jabar akan meraih juara di Fornas ini,” harapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *