Dapur Umum, Menyalakan Semangat Gotong Royong

oleh -1.839 views
Dapur Umum
Posko Dapur Umum Kelurahan Katulampa, Bogor Timur, Kota Bogor.

BOGOR, Kobrapostonline.com – Banyak hal tidak terduga terjadi ketika pandemi covid-19 mulai melanda. Diantaranya kondisi ekonomi di banyak keluarga anjlok. Para pedagang kehilangan pemasukan, para pekerja sebagian kena PHK sebagian dipotong gajinya dan pekerja harian susah mendapat upah.

Kondisi ini menimbulkan kesulitan di banyak keluarga. Termasuk untuk bisa makan sehari-hari. Realitas itulah yang mendorong berbagai pihak kemudian berjibaku menyalakan semangat gotong royong. Membantu menyediakan dan memberi makan para tetangga serta orang-orang yang kesulitan.

Di tingkat kelurahan, para Lurah bergerak memimpin warga menghidupkan dapur – dapur umum. Caranya bermacam-macam. Di Kelurahan Baranangsiang misalnya. Disana, setiap hari warga yang mampu menyumbang nasi box dalam program Warga Bantu Warga. Kecuali hari Kamis, TP PKK setempat mengambil alih dengan memasak makanan dan membagi sekitar 50 – 70 nasi box.

“Dapur umum disini sudah berjalan sejak Maret dan mendapat giliran masak setiap Kamis,” ujar Lurah Baranangsiang, Juandi Rahmaja.

Hal serupa berlangsung di Kelurahan Sempur. “Disini masaknya terkadang dibagi di tiga dapur, terkadang di satu tempat dapur umum yang sudah ditunjuk,” ujar Lurah Sempur, Marissa.

Anggaran untuk memasak 50 – 100 box dengan menu berbeda setiap harinya itu, diperoleh dari para donator. Penerimanya termasuk mereka yang menjadi ODP (Orang Dalam Pemantauan).

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *