Cegah COVID-19, Desa Dukuh Batasi Keluar Masuk Warga

oleh -1.169 views
Kades Dukuh
Kepala Desa (Kades) Dukuh, Irfansyah (tengah) foto bersama jajaran Desa Dukuh. (Foto : D. Alek)

BOGOR, Kobrapostonline.com – Cegah penyebaran COVID-19, Desa Dukuh Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor batasi keluar masuk warga mulai Rabu (22/04/2020) kemarin.

“Langkah ini kita ambil sesuai dengan diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kabupaten Bogor. Inilah bentuk upaya kami dalam pencegahan penyebaran virus corona di wilayah Dukuh khususnya,” ungkap Kepala Desa (Kades) Dukuh, Irfansyah kepada Kobrapostonline di kantornya. Kamis (23/04/2020).

Adapun cara pembatasan, jelas Irfan, dilakukan dengan cara memasang portal disetiap pintu masuk masing-masing RW (Rukun Warga) dan melakukan pemeriksaan sesuai protokol kesehatan.

“Kita tidak melarang, hanya membatasi. Caranya kita melakukan pengecekan suhu tubuh dan mewajibkan mereka mencuci tangan sebelum masuk ke wilayah Dukuh. Selain itu kita juga akan menanyakan apa keperluan atau kepentingannya bagi warga luar wilayah,” katanya.

Menurut Kades, 6 RW yang ada di Desa Dukuh sudah melakukan protokol kesehatan itu, terutama dengan memasang portal di pintu masuk.

Selain pembatasan, lanjut Irfan, pihak desa juga rutin melakukan penyemprotan cairan disinfektan di setiap wilayah.

“Penyemprotan kita lakukan 1 kali dalam seminggu. Kita sudah berikan alat pendeteksi suhu tubuh, alat semprot dan galon untuk cuci tangan kepada setiap RW. Dengan antisipasi sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) ini, kita berharap warga Kecamatan Cibungbulang, khususnya Desa Dukuh akan terhindar dari wabah COVID-19,” pungkasnya.

Ketua PKK Desa Dukuh
Ketua PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) Desa Dukuh, Sri Rahayu saat membagikan masker gratis kepada warga

Baca juga : Desa Pangkal Jaya Nanggung Terapkan Cek Suhu Tubuh

Disisi lain, Ketua PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) Desa Dukuh, Sri Rahayu menambahkan, pihaknya juga telah membagikan masker gratis kepada masyarakat.

“Sebagai antisipasi, kita bagikan masker gratis kepada warga. Kita harap, mereka selalu menggunakan masker saat di luar rumah,” ujarnya.

Reporter          : D. Alek

Editor              : Rangga A.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *