Belum Genap Satu Bulan, Jembatan Cigowong Kembali Ambruk

oleh -162 views
Jembatan Cigowong
Jembatan Cigowong yang ambruk. (Foto: Dok. Alek)

BOGOR, Kobra Post Online – Miris, belum genap satu bulan jembatan darurat di kampung Cigowong Desa Sukamaju Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor terhantam kembali banjir bandang sungai Cidurian pada Sabtu, (6/11/2021) lalu.

Jembatan darurat itu menghubungkan Kampung Cigowong, Kampung Mekarjaya dan Kampung Mekarsari. Jembatan darurat itu terakhir di bangun pada 6 September 2021, atau sebulan yang lalu oleh masyarakat secara swadaya.

Kepala Desa Sukamaju, Dahyudin mengaku lelah karena bencana terus melanda desanya.

“Ini jembatan sudah empat kali kita bangun dan kembali ambruk terhantam banjir bandang,” ungkapnya kepada Kobrapostonline, Rabu (10/11/2021).  

Deha (sapaan akrab) mengatakan, masyarakat sangat membutuhkan jembatan itu. “Saya sangat kasihan kepada anak-anak yang akan pergi ke sekolah tidak bisa melewati jembatan itu,” katanya.

Oleh karena itu, Kades Dahyudin berharap kepada pemerintah untuk segera membangun kembali jembatan yang ambruk.

“Pembangunan kami harapkan baik oleh Pemerintah pusat, provinsi Jabar atau Pemerintah Kabupaten Bogor,“ tukasnya.

Sementara itu, Satpol PP Kecamatan Cigudeg Saepul menuturkan, pihaknya sudah mengecek langsung kondisi jembatan.

“Kondisi jembatan sudah kami laporkan ke Pak Camat dan pihak kecamatan sudah melayangkan surat kepada instansi terkait untuk segera ditindaklanjuti,” tuturnya.

Baca juga : 30 Rumah Warga Bojong Rangkas Terhempas Puting Beliung

Di tempat terpisah, Taupik dari UPT (Unit Pelaksana Teknis) jalan dan jembatan wilayah Cigudeg mengaku belum menerima laporan dari pihak desa dan kecamatan.

“Saya sarankan sebaiknya memang harus koordinasi dengan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Karena setahu saya jembatan itu adalah milik desa. Jika laporan dari desa dan kecamatan sudah diterima pasti akan ditindaklanjuti,” pungkasnya.

Reporter              : D. Alek

Editor                    : Yaso

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *