Scroll untuk baca artikel
Opini

Mengukir Cerita Perjalanan: Aktivitas Mendampingi UMKM Clarisse Shoes

366
×

Mengukir Cerita Perjalanan: Aktivitas Mendampingi UMKM Clarisse Shoes

Sebarkan artikel ini
Aktivitas Mendampingi UMKM Clarisse Shoes

Latar Belakang Proyek

UMKM memiliki peranan penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi lokal sehingga perlu adanya aktivitas promosi/branding yang dilakukan agar UMKM tetap eksis dan menjadi perhatian masyarakat, salah satunya adalah aktivitas mendampingi  UMKM Clarisse Shoes. Konteks Proyek UMKM Clarisse Shoes dirancang melalui penulisan kreatif berupa konten Sherin (Sepatu Terlaris di Clarisse Shoes) dan Konten Story Pemilik Clarisse Shoes. Terdapat berbagai aspek yang dapat diperhatikan dalam konteks proyek ini, meliputi penggunaan bahasa yang disajikan (tidak terkesan kaku) dan promosi yang menarik.

Menjadikan Clarisse Shoes sebagai pilihan UMKM yang dituju merupakan langkah awal dalam mewujudkan rasa kepercayaan diri lebih bagi wanita untuk berpenampilan di hadapan umum dengan menggunakan sepatu Clarisse Shoes sebagai teman jalan yang nyaman untuk dipakai.  

Dalam meningkatkan konsep kreatif  promosi UMKM Clarisse Shoes, Tujuan utama proyek ini tentunya sebagai sinergi untuk menciptakan strategi promosi yang efektif dan menarik perhatian target pasar. Hal ini meliputi:

  1. Meningkatkan Brand Awareness/Kesadaran Merek Clarisse Shoes di kalangan konsumen sehingga melalui konsep kreatif promosi ini menciptakan citra merek yang menarik dan mudah diingat bahwa Clarisse Shoes sebagai teman jalan memberikan yang terbaik untuk para pelanggan baik dari segi penampilan maupun kualitas.
  2. Interaksi online dengan pengguna atau masyarakat. Melalui penulisan kreatif pada konten sherin dan story pemilik Clarisse Shoes yang diunggah pada akun sosial media secara tidak langsung dapat meningkatkan interaksi melalui kolom komentar pada postingan sehingga dalam hal ini dapat meningkatkan keterlibatan audiens maupun pelanggan.

Konsep kreatif promosi UMKM Clarisse Shoes pada tujuan utama proyek ini dapat memberikan dampak positif pada bisnis Clarisse Shoes, memperluas visibilitas, meningkatkan penjualan, dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan dan komunitas.

Kerja Sama Kelompok

Sebuah dedikasi yang dihasilkan tidak terlepas dari Kerja Sama Kelompok. Beranggotakan lima Mahasiswa yaitu Yohanes Tumpak Panggabean bertugas sebagai Script Writer dan Juru Bicara, Fatimah Azzahra bertugas sebagai Editor konten, Alsakti Alamanda bertugas sebagai Script Writer, Nida Aminaturizqi bertugas sebagai Editor Konten, Ilal Hamdi Hasibuan bertugas sebagai Editor dan Razita Larasati bertugas sebagai Voice Over.

Kerja sama ini menghasilkan konten yang saling melengkapi dan berkualitas. Berbagai pendapat yang berbeda pada masing-masing anggota kelompok menghasilkan kesepakatan bersama dengan berdiskusi.

Pembagian Tugas dan Peran

Tugas dan peran masing-masing kelompok dibagikan secara merata. Yohanes Tumpak Panggabean dalam hal ini bertugas terkait penulisan dan konsep konten. Fatimah Azzahra dan Nida Aminaturizqi dalam hal ini bertugas sebagai editor konten dan videografi. Alsakti Alamanda dan Ilal Hamdi Hasibuan dalam hal ini bertugas terkait penulisan dan editor serta Razita Larasati dalam hal ini bertugas sebagai pengisi suara dan penulisan  konten.

Memastikan bahwa setiap anggota berkontribusi secara efektif memerlukan strategi manajemen yang cermat dan inklusif. Berikut adalah beberapa langkah dan strategi yang dapat diimplementasikan: 

  1. Pembagian tugas dan peran dengan tanggung jawab pada tiap anggota. 
  2. Penyusunan tugas dan peran yang dikerjakan oleh tiap anggota. 
  3. Monitoring dan diskusi bersama pada tugas dan peran tiap anggota.
  4. Menyesuaikan tugas dan peran anggota dengan keahlian yang dimiliki.
  5. Saling membantu apabila membutuhkan satu sama lain dalam proses pengerjaan.

Monitoring dan Evaluasi

Memonitor dan mengevaluasi proyek merupakan langkah kritis dalam memastikan bahwa proyek berjalan sesuai rencana, mencapai tujuan yang diinginkan, dan dapat menanggapi perubahan kondisi dengan efektif.  Berikut adalah beberapa metode yang digunakan untuk memonitor dan mengevaluasi proyek.

1. Penjadwalan kunjungan Clarisse Shoes

Melakukan jadwal dalam melakukan kunjungan ke Clarisse Shoes meliputi wawancara dan informasi sebagai bentuk pemenuhan tugas.

2. Pertemuan anggota

Merancang dan melakukan pertemuan dengan berdiskusi pada pokok bahasan yang membahas terkait konten serta pertukaran informasi di antara anggota.

Melalui metode ini, menghasilkan temuan utama: 

  1. Mendapatkan informasi sebagai bahan keperluan tugas.
  2. Peningkatan dalam pengetahuan terkait Clarisse Shoes.
  3. Hasil konten yang sesuai dan persetujuan dari Clarisse Shoes.

Publikasi Kegiatan

Mendampingi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan mempublikasikan kegiatan tersebut melalui media cetak atau online adalah langkah penting untuk meningkatkan visibilitas dan dukungan.Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil.

  1. Pengunggahan Konten Pada akun Sosial Media Clarisse Shoes.
  2. Penulisan artikel berita/press relase di media online.
Aktivitas Mendampingi UMKM Clarisse Shoes
Contoh publikasi di media online

Rekomendasi untuk proyek UMKM Lanjutan

Berdasarkan pengalaman dalam melakukan aktivitas mendampingi UMKM Clarisse Shoes, tentunya adik adik – adik harus memiliki niat terlebih dahulu ketika hendak membantu UMKM Clarisse Shoes maupun UMKM lainnya. Hal ini karena dengan niat dan jiwa membantu kedepannya akan mempermudah dalam melakukan aktivitas mendampingi UMKM ke depannya sehingga tidak menjadikan ini beban melainkan sebuah tanggung jawab serta memiliki keterampilan berkomunikasi dengan orang lain karena ini menjadi kunci ketika hendak berkomunikasi secara langsung kepada UMKM. 

Hal yang harus diperbaiki adalah ketepatan waktu ketika menyusun suatu jadwal diskusi sehingga akan menghasilkan manajemen waktu yang baik dan sesuai. Melalui hal ini yang perlu dikembangkan dalam proyek ini yaitu semangat diri yang kuat karena pastinya ketika mengerjakan tugas konten terdapat rasa malas yang menghantui, namun hal tersebut dapat diatasi apabila ada semangat diri yang kuat.

Kesimpulan

Hasil utama yang didapatkan adalah tentunya berpengaruh terhadap brand awareness maupun insight yang dihasilkan pada UMKM Clarisse Shoes sehingga hal ini secara tidak langsung berdampak pada peningkatan penjualan yang terjadi. Kepada Mahasiswa pun berdampak karena dilatih untuk bekerja tim dengan baik dan merasakan ikut andil dalam membantu UMKM untuk peningkatan brand awareness serta keterampilan komunikasi dan editing.

Pesan dalam melakukan aktivitas mendampingi UMKM tentunya mendapatkan pengalaman yang berharga dengan terjun langsung membantu UMKM dalam melakukan promosi konten kreatif. Adapun pelajaran yang didapatkan adalah bahwa sebagai Mahasiswa kita tidak boleh melupakan sesuatu yang kita terima dengan baik seperti waktu bersama dengan UMKM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *