Scroll untuk baca artikel
Info Bogor

539 Penghuni Lapas Paledang Gunakan Hak Pilih

186
×

539 Penghuni Lapas Paledang Gunakan Hak Pilih

Sebarkan artikel ini
Wali Kota Bogor, Bima Arya saat meninjau lokasi TPS di Lapas Paledang.

BOGOR, Kobra Post Online – Sebanyak 539 Warga Binaan (WB) Lapas Paledang Kelas IIA Bogor nampak antusias memberikan hak suaranya di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 ini.

Hal ini terlihat saat Wali Kota Bogor, Bima Arya meninjau proses pencoblosan di Lapas Paledang Kelas IIA Bogor, Rabu (14/2) kemarin.

Di Lapas Paledang ini terdapat tiga TPS. Yakni TPS nomor 901 sebanyak 203 WB, TPS 902 sebanyak 195 WB dan TPS 903 dengan jumlah pemilih sebanyak 141 orang.

Bima Arya mengatakan, pihaknya mengapresiasi Kepala Lapas Paledang Kelas IIA Bogor yang telah mengatur pelaksanaan pencoblosan dengan sangat baik. Terbukti Warga Binaan begitu antusias mencoblos dan semuanya mengantre dengan rapi dan tertib.

Di tempat yang sama, Kepala Lapas Paledang Kelas IIA Bogor, Sopian mengatakan, total ada 539 warga binaan yang mengikuti pemilu 2024 termasuk pihaknya juga akan melakukan jemput bola bagi tahanan yang ada di Polresta Bogor Kota sebanyak 79 orang.

Tahanan di Polresta Bogor Kota ini akan difasilitasi hak suaranya dan hasilnya akan digabungkan dengan yang ada di Lapas Paledang Bogor.

“Ini kami lakukan agar para warga binaan tetap mendapatkan hak sebagai warga negara untuk ikut menyukseskan Pemilu,” kata Sopian.

Baca juga: Pengawasan Hari Pencoblosan, Forkopimcam Rancabungur Terjun ke TPS

Sopian menambahkan, berapa warga binaan lapas yang terkendala atau tidak bisa memilih. Hal ini dikarenakan situasi keluar masuknya warga binaan.

“Kesepakatan Lapas dengan Disdukcapil pendataan terakhir di tutup pada 7 Februari lalu. Sebelumnya ada beberapa yang diupayakan pindah ke Lapas, namun ternyata NIK- nya tidak bisa ditarik Disdukcapil,” ucapnya.

“Jadi tidak bisa mendapatkan hak mencoblos karena tidak terdaftar di Disdukcapil sekalipun punya KTP,” tambahnya.

Baca juga: Hadirkan Habib Mahdi Assegaf, Peringati Isra Mikraj Ala SMPN 1 Rancabungur

Sementara itu, salah satu Warga Binaan Lapas Paledang Kelas IIA Bogor, Udin Karsudin (32) mengatakan, dirinya bersama warga binaan lainnya antusias mengikuti pemilu 2024 sekalipun sedang berada di lapas. Mengingat semua warga negara mempunyai hak untuk memberikan suaranya.

“Saya juga berharap mudah-mudahan terpilih pemimpin yang terbaik buat Indonesia dan ke depan kesejahteraan warga binaan lebih diperhatikan lagi,” harapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *