Scroll untuk baca artikel
Pendidikan

Smartren SMK Negeri 4 Bogor Siapkan Siswa Beretika, Berkarakter dan Berkompeten

1002
×

Smartren SMK Negeri 4 Bogor Siapkan Siswa Beretika, Berkarakter dan Berkompeten

Sebarkan artikel ini
negeri 4
Smartren Ramadan 2023 SMK Negeri 4.

BOGOR, Kobra Post Online – 5 ilmu keislaman menjadi bahan kajian dalam Smartren Ramadan 2023 atau pesantren kilat yang digelar SMK Negeri 4 Kota Bogor. Ke5 ilmu keislaman itu adalah Tauhid, Fiqih, Al Quran, Hadis dan Ahlaq.

“Semua ini kita kupas dan menjadi materi dalam Smartren Ramadan 2023 SMK Negeri 4,” kata ketua panitia kegiatan Smartren SMK Negeri 4, Ustaz Samsul Budiman kepada Kobra Post Online, Senin (3/4) kemarin.

Samsul Budiman menerangkan, Smartren Ramadan artinya adalah program sekolah dalam menghadapi bulan Ramadan yang dirancang untuk memberikan pendidikan agama dan pengalaman keislaman yang intensif. Tujuannya, untuk membantu siswa-siswi memperdalam pemahaman agama Islam. Lalu meningkatkan kesadaran spiritual, dan membantu mereka mempraktikkan ajaran-ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Samsul mengatakan, kegiatan Smartren Ramadan tahun 2023 di SMK Negeri 4 Bogor kali ini merupakan yang ke 13 sejak berdirinya SMK Negeri 4 Bogor pada Tahun 2010.

negeri 4
Samsul Budiman Ketua Panitia Smartren SMKN 4 Kota Bogor.
Baca juga: Sederet Prestasi SMK Negeri 4 Bogor, Kuncinya Disiplin

Lanjut Samsul, kegiatan Smartren Ramadhan 2023 ini selain teori ada juga praktek membuat drama film pendek yang isinya tentang Ahlaq, cara pergaulan yang berlandaskan Islam.

“Pembuatan film pendek ini khusus untuk kelas 12,” ujar Samsul. 

Selanjutnya, kata Samsul, untuk kelas 10 yang dibagi 99 kelompok ditugskan membuat kaligrafi, asmaulhusna. Beragam kaligrafi yang dibuat para siswa yang nantinya akan disimpan diruang kelasnya masing masing, Kegiatan sanlat ini dibagi dua kelompok siswa, lokasinya di Masjid dan untuk siswi lokasinya diruang kelas.

Baca juga: Smartren Ramadan 2023 SMAN 1 Rancabungur

Selama pelaksanaan sanlat, sambung Samsul, siswa dan siswi peserta sanlat dianjurkan membawa mie instan, minyak, gula, dan terigu yang nantinya akan dibagikan kepada masyarakat sekitar sekolah.

“Jadi diakhir sanlat akan ditutup dengan pembagian sembako dan penyaluran zakat yang dihimpun para peserta Smartren Ramadhan 2023,” ungkapnya. 

Humas SMK Negeri 4, Bogor H. Arif menyatakan, pihak sekolah sangat apresiasi terhadap kegiatan Smartren ini, karena dengan Smartren peserta akan mendapat ilmu yang sangat berguna untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Jadi kita berharap siswa-siswi akan beretika, berkarakter dan berkompeten,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *