Scroll untuk baca artikel
Pendidikan

Selama Ramadan MTs Negeri Kota Bogor Kurangi Waktu KBM

160
×

Selama Ramadan MTs Negeri Kota Bogor Kurangi Waktu KBM

Sebarkan artikel ini
kepala MTs Negeri Kota Bogor, H. Ahmad Tarmiji.

BOGOR, Kobra Post Online – Kegiatan belajar mengajar (KBM) di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Kota Bogor mengalami pengurangan waktu. Hal ini dilakukan untuk menghormati para siswa-siswi dan tenaga pendidik yang sedang menjalankan ibadah puasa.

“Kalau hari-hari biasa satu jam mata pelajaran selama 45 menit, namun selama bulan puasa dikurangi menjadi 30 menit setiap satu pelajaran,” kata kepala MTs Negeri Kota Bogor, H. Ahmad Tarmiji kepada Kobra Post Online di kantornya, Selasa (19/3).

Ahmad Tarmiji menjelaskan, pengurangan waktu jam belajar mengikuti aturan dari Kementerian Agama. Meski mengalami pengurangan waktu belajar, namun tidak mengurangi semangat para siswa dan  guru menjalankan kegiatan belajar mengajar .

“Untuk kelas kelas 7 dan 8 menghadapi penilaian  tengah semester. Sedangkan untuk kelas  9 menjalani  tes semester, yang merupakan persiapan menjelang ujian madrasah sebelum kelulusan,” jelas Ahmad.

Ia menyebutkan, di  bulan suci Ramadan juga akan diisi oleh pesantren kilat yang akan dilaksanakan pada tanggal 28, 29 dan 30 Maret mendatang.

Baca juga: Bentuk Karakter Siswa, SDN Gunung Batu 2 Gelar Sanlat

Kegiatan lainnya, sambung Ahmad, setelah sanlat akan diadakan kegiatan penerimaan zakat fitrah. Sesuai edaran dari BAZ Kota Bogor besaran zakat fiitrah senilai Rp 45 ribu per jiwa.

“Di MTs Negeri ini juga banyak anak- anak yatim sehingga mereka berhak menerima zakat,” ucapnya.

Lanjut Ahmad Tarmiji, selain disalurkan kepada anak-anak yatim dilingkungan sekolah, zakat fitrah juga akan diserahkan kepada BAZ Kota Bogor untuk disalurkan kepada para mustahiq lainnya.

Baca juga: Sederet Prestasi Paspranaca Andromeda 12 MTs Yasiba Kota Bogor

Selain itu, kata dia, pihak koperasi sekolah juga mengelola dana sosial yang setiap tahunnya disalurkan kepada para guru honorer, satpam sekolah, dan petugas kebersihan sekolah.

Ahmad Tarmiji menambahkan, peserta didik MTs Negeri Kota Bogor saat ini sebanyak 967 siswa, terbagi dalam 30 rombongan belajar (rombel). Sedangkan, untuk tenaga pengajar ASN dan honorer, termasuk OB dan satpam seluruhnya berjumlah 76 orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *