Pengundian Nomor Urut Calon Kades Cintamanik Berjalan Lancar

oleh -2.015 views
Pengundian Nomor Urut Calon Kades Cintamanik Berjalan Lancar
Pengundian Nomor Urut Calon Kades Cintamanik Berjalan Lancar

BOGOR, Kobrapostonline.com – Pengundian nomor urut calon Kepala Desa Cintamanik Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor yang digelar di Balai Desa, Selasa (08/10/19) berjalan lancar.

Menurut H. Sarbini Ketua Panitia Pilkades Cintamanik saat dikonfirmasi oleh Kobrapostonline  usai acara mengatakan, pengundian nomor urut calon Kades telah selesai. Tahapan selanjutnya yaitu pembagian waktu kampanye.

“Kampanye akan dilaksanakan selama tiga hari, dimulai dari Senin (28/09) hingga Rabu (30/09). Nanti kita akan atur jadwal kampanyenya,” tuturnya.

Adapun jumlah daftar pemilih tetap (DPT), lanjut Sarbini, ada 6.745 pemilih. Sedangkan untuk TPS sendiri terpusat, namun akan dibagi dalam beberapa ruangan sesuai jumlah dusun yang ada yaitu 5 dusun.

Pengundian Nomor Urut Calon Kades Cintamanik Berjalan Lancar
Pengundian Nomor Urut Calon Kades Cintamanik

Disisi lain, Tirta Juarta Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Cigudeg saat diminta tanggapannya mengutarakan bahwa, dirinya secara pribadi sangat mengapresiasi antusiasme masyarakat Cintamanik yang cukup tinggi dalam menyambut Pilkades ini.

“Bisa disaksikan tadi lebih dari 500 orang, malah mencapai hampir 1.000 jiwa yang hadir untuk menyaksikan pengundian nomor urut,” ucapnya.

Tirta juga menjelaskan, Dari 12 desa yang melaksanakan Pilkades serentak pada putaran ketiga tahun ini, ada 11 desa melakukan pengundian nomor urut calon kades hari ini secara bersamaan. Mudah-mudahan kedepan pada tahapan demi tahapan dalam kegiatan Pilkades ini lebih sukses lagi.

“Ada satu desa yang sudah lebih dulu melaksanakan pengundian pada hari minggu, yakni Desa Cigudeg,” jelasnya.

Untuk mengantisipasi keamanan, lanjut Sekcem itu, dalam setiap kesempatan pihaknya selalu mengamanatkan situasi damai dan kekeluargaan.

“Kalau pun terjadi gesekan, akan kita elementir dengan pendekatan kekeluargaan dan rasa memiliki terhadap desanya. Adapun pengamanan yang lebih pasti, panitia sudah merencakan dalam anggaran belanja, menyediakan satu regu dari pihak Kepolisian,” ungkap Tirta.

Tirta menambahkan, jika nanti saat pemungutan suara ternyata ada warga yang belum masuk dalam DPT, sesuai aturan yang berlaku, maka tidak diperkenankan untuk menggunakan hak pilihnya.

Baca juga : Panitia Pilkades Argapura Tetapkan Nomor Urut Calon Kades

Sementara itu, M. Sanip selaku calon petahan Kades Cintamanik mengungkapkan alasan mengapa dirinya kembali mencalonkan sebagai kepala desa.

“Karena tahapan demi tahapan sudah dilakukan dan sosialisasi sudah tersampaikan. Termasuk didalamnya, para calon sudah melakukan verifikasi terkait daftar pemilih tetap,” pungkasnya.

“Saya masih memiliki PR yang sangat penting dan harus diselesaikan. Terutama pembangunan infrastruktur jalan dan pembangunan sarana pendidikan,” ungkapnya.

Meskipun sebagian sudah banyak yang teralisasi, lanjut Sanip, namun masih ada yang tertunda. Oleh sebab itu dirinya kembali ikut meramaikan Pilkades tahun ini.

“Saya ingin mensejahterakan masyarakat dengan cara membangun infrastruktur jalan. Karena saya punya keyakinan, jika kondisi jalan sudah normal. Maka perekonomian pun akan bertambah maju. Begitupun dengan pembangunan sarana pendidikan, kini sudah banyak sekolah-sekolah yang ada diwilayah kami,” katanya.

Reporter : D. Alek

Editor : Rangga A.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *