Scroll untuk baca artikel
Info Bogor

Pati dan Wati Maskot Pilkada 2024 Kabupaten Bogor

20
×

Pati dan Wati Maskot Pilkada 2024 Kabupaten Bogor

Sebarkan artikel ini
Pati dan Wati Maskot Pilkada 2024 Kabupaten Bogor

BOGOR, Kobra Post Online – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor, menetapkan maskot Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 2024 Kabupaten Bogor berupa sepasang macan tutul bernama Pati dan Wati.

Ketua KPU Kabupaten Bogor, Muhammad Adi Kurnia usai peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bogor di Cibinong, mengungkapkan maskot ini akan melekat pada KPU Kabupaten Bogor selama pelaksanaan Pilkada 2024.

“Kebetulan untuk maskot kita mengambil dari macan tutul, filosofinya dari macan tutul yang berasal Jawa Barat,” kata Adi, Minggu (9/6).

Ia menjelaskan, tahapan Pilkada 2024 akan berlangsung selama 170 hari ke depan, dengan pelaksanaan hari pencoblosan pada Rabu, 27 November 2024.

Adi meminta dukungan penuh seluruh pemangku kepentingan, termasuk kepada masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Bogor.

Sebab, kata dia, pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Bogor bukan hal mudah, mengingat jumlah penduduk di daerah tersebut di atas rata-rata, yakni mencapai 5,7 juta jiwa.

“Tentunya kita membutuhkan support (dukungan) dari pemerintah daerah beserta stakeholder (pemangku kepentingan) untuk pelaksanaan Pilkada 2024 ini,” ucap Adi.

Sementara, pembuat ilustrasi maskot KPU Kabupaten Bogor, Hendra Abriansyah mengatakan, karakter macan tutul jantan dinamai Pati, yang memiliki arti Pemilukada Bupati. Sedangkan untuk karakter macan tutul betina, Hendra memberi nama Wati, atau singkatan Wakil Bupati.

“Karakter diambil dari hewan macan tutul Jawa (Panthera pardus melas) yang berada di Gunung Pangrango,” ujarnya.

Baca juga: Kang Daru dan Teh Dara Maskot Pilkada Kota Bogor 2024

Menurutnya, karakter macan tutul ini diambil dari hewan yang berada di Gunung Pangrango, dengan alasan mendukung konservasi dari macan tutul tersebut yang kini sudah hampir punah.

“Maskot tersebut dapat menjadi simbol kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan dan keanekaragaman hayati,” paparnya.

Selain itu, lanjut Hendra, kehadiran macan tutul sebagai maskot ini juga menjadi pengingat bagi masyarakat agar sama-sama bertanggung jawab untuk menjaga habitat dari hewani dan hayati di Kabupaten Bogor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *