Pastikan Tepat Sasaran Babinsa Cintamanik Kawal Penyaluran Bansos

Pastikan Tepat Sasaran Babinsa Cintamanik Kawal Penyaluran Bansos 1
Suasana penyaluran, BLT BBM, PKH dan BPNT di Desa Cintamanik. (Foto: Dok. D. Alek-kobrapostonline.com).

BOGOR, Kobra Post OnlineBabinsa atau Bintara Pembina Desa TNI AD merupakan satuan teritorial TNI AD paling bawah, yang berhadapan langsung dengan masyarakat. Dia berada di bawah Komando Rayon Militer (Koramil),

Babinsa adalah salah satu dari tiga pilar di Desa atau Kelurahan. Ketiga pilar itu adalah Lurah atau Kades, Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

Disini peran Babinsa sangat penting dalam membantu berbagai kegiatan atau program pemerintah yang dilaksanakan di Desa atau Kelurahan.  Seperti dalam penyaluran bantuan sosial yang digelontorkan pemerintah kepada masyarakat. 

Baca juga: Pemdes Cintamanik Wujudkan Mimpi Warga Kampung Tarikot

Sertu Agus Suryana adalah Babinsa yang bertugas di Desa Cintamanik, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor. Dia sangat aktif mengawal penyaluran bantuan-bantuan sosial. Setiap kali ada kegiatan penyaluran bantuan social, Agus tak pernah absen dalam mengawal penyaluran bantuan untuk masyarakat tersebut.

“Ini adalah bagian tugas kami untuk melakukan pendampingan pendistribusian bantuan dari pemerintah untuk warga Cintamanik,” kata Sertu Agus Suryana kepada Kobra Post Online di sela pembagian PKH (Program Keluarga Harapan), BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) dan BLT (Bantuan Langsung Tunai) subsidi BBM (Bahan Bakar Minyak) di Desa Cintamanik Cigudeg, Kamis (1/12).