Kemendikbud Siapkan Dana Penangan Covid-19 Sebesar Rp405 Miliar

oleh -844 views
Kemendikbud
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim

JAKARTA, Kobrapostonline.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) siapkan dana realokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020 untuk penanganan Covid-19 sebesar Rp405 miliar.

Hal ini sesuai Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2020 tentang Refocussing Kegiatan, Realokasi Anggaran, serta Pengadaan Barang dan Jasa Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19.

“Jumlah realokasi anggaran untuk mendukung menyetujui Covid-19 sebesar Rp405 miliar,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim pada Rapat Kerja dengan Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) yang dilakukan melalui konferensi video di Jakarta. Jumat (27/03/2020).

Mendikbud menjelaskan, sumber realokasi anggaran dari efisiensi dan memfokuskan kegiatan dari setiap unit utama atau program di lingkungan Kemendikbud.

“Ini adalah anggaran yang disisir dari berbagai unit dan program. Anggaran seperti perjalanan dinas atau rakor-rakor dengan banyak orang yang tidak mungkin dilakukan pada saat-saat seperti ini,” jelasnya.

Sementara realokasi anggaran, lanjutnya, dilakukan untuk program peningkatan kapasitas 13 Rumah Sakit Pendidikan (RSP) dan 13 Fakultas Kedokteran (FK) untuk menjadi Test Center Covid-19.

“Kita ingin memperkuat rumah sakit – rumah sakit pendidikan menjadi pusat tes yang dapat melakukan tes hingga 7.600 sampel per hari. Agar semua RSP dapat membantu pasien Covid-19 sesuai kapasitas yang ada,” terang Nadiem.

Selain itu, masih kata Mendikbud, realokasi anggaran juga dilakukan untuk menggerakkan relawan mahasiswa dengan target 15.000 orang yang dapat membantu mendukung mitigasi pandemi Covid-19.

“Kompetensi komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE) serta tugas-tugas lain sesuai kebutuhan kompetensi relawan yang dikoordinasikan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19,” ucapnya.

Baca juga : Angkot di Semprot Sopirnya Dapat Beras dari Dishub Kota Bogor

Nadiem menambahkan, rencana realokasi anggaran untuk penanganan Covid-19 dibagi menjadi kegiatan utama, yaitu (1) Edukasi Covid-19 dengan alokasi anggaran sebesar Rp60 miliar. (2) Peningkatan Kapasitas dan Kapabilitas Rumah Sakit Pendidikan dengan Rp250 miliar. (3) Pelaksanaan 150.000 tes cepat di lima Rumah Sakit Pendidikan Rp90 miliar. Dan (4) Pengadaan bahan habis pakai untuk KIE, Triase (triase), Pelacakan (pelacakan), dan Pengujian (pengujian) dengan alokasi anggaran Rp5 miliar di Rumah Sakit Pendidikan dan Fakultas Kedokteran yang ditunjuk.

Reporter : Rangga A.

Editor : Yaso

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *