Scroll untuk baca artikel
Info Bogor

Musrenbang Kelurahan Cibogor, Pembangunan Septic Tank Komunal Skala Prioritas

287
×

Musrenbang Kelurahan Cibogor, Pembangunan Septic Tank Komunal Skala Prioritas

Sebarkan artikel ini
Musrenbang Kelurahan Cibogor, Pembangunan Septic Tank Komunal Skala Prioritas
Suasana Musrenbang Kelurahan Cibogor.

BOGOR, Kobra Post Online – Kelurahan Cibogor Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor memprioritaskan pembangunan septic tank komunal untuk membuang kotoran manusia yang selama ini masih banyak warga buang air besar ke sungai.

Pembangunan septic tank komunal salah satu usulan yang disampaikan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan Cibogor pada Kamis (30/11).

Lurah Cibogor, Teguh Setyawan mengatakan, program sanitasi lingkungan yakni pembangunan septic tank komunal masuk program prioritas dari Dinas PUPR Kota Bogor. Karena selama ini masih banyak warga yang membuang kotorannya melalui paralon besar yang dialirkan ke sungai, sehingga berdampak terhadap pencemaran lingkungan sungai Cidepit yang berbatasan dengan sungai Cibogor.

“Untuk merubah perilaku buang hajat ke sungai perlu dilakukan pembenahan di pemukiman penduduk bantaran sungai. Salah satunya membangun septic tank komunal,” ungkapnya.

Musrenbang Kelurahan Cibogor, Pembangunan Septic Tank Komunal Skala Prioritas
Lurah Cibogor Teguh Setyawan.

Selain program prioritas membangun septic tank komunal, sambung Teguh, dalam Musrenbang masing-masing RW juga mengusulkan antara lain pengaspalan jalan lingkungan, penerangan jalan umum karena masih ada wilayah RW yang masih gelap dan menjadi rawan tindak kejahatan. Kemudian, pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) untuk penahan longsor di RW 02, karena ada satu rumah warga yang tergerus longsor.

Baca juga: Seorang Santri di Leuwiliang Ditemukan Tewas Dalam Septic Tank

“Jika ini tidak segera ditangani tidak menutup kemungkinan rumah itu akan ambruk. Kami sudah menyarankan kepada penghuni rumah tersebut untuk pindah,” ujarnya.

Terkait penerangan jalan, Lurah Cibogor mengatakan, penerangan jalan umum sesuai yang dicanangkan Wali Kota Bogor yakni ‘Bogor Caang’.

Ia berharap usulan usulan masyarakat dalam Musrenbang bisa direalisasikan. Tentunya dengan melihat skala prioritas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *